Nama Tanaman Sayuran Ciri-ciri Tanaman


Sebutkan 12 .tumbuhan sayuran ,ciri-


ciri tanaman dan bagian nan dimakan atau dimanfaatkan

model
nama tanaman : kangkukng

ciri ciri tanaman :berdaun warna mentah blablablabla…
nan dimakan atau dimanfaatkan :daunnya sebagai bahan masakan blablabala

harus benar


1. Bangkong.
Ciri-ciri: Daunnya berwarna bau kencur; Batangnya buntak dan mengandung banyak air; Anakan pada berudu berbentuk terompet.
Yang dimakan/dimanfaatkan: Daunnya biasanya dibuat cah kangkung maupun lalapan.
2. Bayam.
Ciri-ciri: Daunnya berwarna hijau; Tumbuhan berurat perdu; Batangnya bercat kecoklatan; Bijinya berdosis kecil, halus, berbentuk bulat.
Yang dimakan/dimanfaatkan: Daun dan Batangnya dimasak menjadi sayur bayam.
3. Buncis.
Ciri-ciri: Warnanya plonco cukup umur dan suram; Permukaan kulitnya asa bergairah; angka dalam buncis belum menonjol; bila dipatahkan membuat bunyi letupan.
Yang dimakan/dimanfaatkan: Dibuat campuran sop atau masakan sayuran lainnya.
4. Kubis.
Ciri-ciri: Memiliki daun berwarna plonco; Isinya berbentuk bulat dan berwarna putih kekuningan; Tidak memiliki gagang cangkul besar; Tanamannya berukuran pendek.
Yang dimakan/dimanfaatkan: isinya dibuat menjadi kacau balau atau masakan lainnya.
5. Sawi.
Ciri-ciri: Batangnya tersurat batang yang tak berkayu; Daunnya bersayap dan bertangkai hierarki serta berwarna baru; Bijinya bulat dan berwarna coklat.
Yang dimakan/dimanfaatkan: Daunnya dibuat menjadi masakan sayur.
6. Selada.
Ciri-ciri: Benak daunnya bercelup zakiah; Daunnya berwarna plonco segar; Siring daunnya berbiku-biku.
Nan dimakan/dimanfaatkan: Daunnya formal dibuat lalapan ataupun salad.
7. Timun.
Ciri-ciri: Bertunas rembet; Daunnya tunggal, berbentuk dalaman tirus dengan riol yang bergerigi; Bunganya berwarna asfar dan berbentuk terompet; Buahnya elips berwarna hijau; Bijinya banyak berbentuk pipih dan warnanya putih kotor.
Yang dimakan/dimanfaatkan: Buahnya bisa dimakan sederum, direbus dikukus dan disayur, boleh juga dibuat acar; Daun dan mayat mudanya biasa dibuat lalapan.
8. Wortel.
Ciri-ciri: Tumbuh dalam tanah; Daunnya majemuk menyirip ganda; Batangnya lalu pendek hingga nyaris tak tampak; Bunganya berbentuk payung berganda yang berwarna nirmala maupun merah jambu pucat; Wortel bersalur tunggang dan kawul, akar susu tunggangnya berubah menjadi umbi, sehingga akar serabutnya lah yang berfungsi mengambil zat hara dan air berpunca dalam tanah; Umbinya berwarna jingga/oren.
Yang dimakan/dimanfaatkan: Umbinya dibuat sop atau bilang masakan lainnya.
9. Paprika.
Ciri-ciri: Berakar tunggang; Batangnya berkanjang dan berkayu, berbentuk bulat bulat dan berwarna hijau liar; Daunnya berbentuk buntak meruncing dengan tepi daun yang rata; Bunganya tunggal berbentuk tanda jasa berwarna bersih; Buahnya berongga di fragmen n domestik, buahnya berdaging tebal, agak manis dan tidak pedas; Bijinya berjumlah sedikit, bentuknya bulat tipis dan bercat nirmala kekuning-kangsa.
Yang dimakan/dimanfaatkan: Buahnya dibuat omong kosong bersut manis atau campuran oseng ataupun beberapa masakan lainnya.
10. Brokoli.
Ciri-ciri: Batangnya ringkas dan berwarna hijau; Daunnya hijau; Bunganya tersusun menempel seperti deretan pepohonan, bercat bau kencur.
Nan dimakan/dimanfaatkan: Bunganya biasa dimasak dengan di oseng.
11. Ubi belanda.
Ciri-ciri: Batangnya berbentuk kotak ataupun persegi,bersemi meluas dan berwarna hijau; Bunganya berbentuk terompet yang ujungnya tanda jasa dan bercat putih/merah muda/ungu/biru; Kredit kentang berwarna krem; Umbinya berbentuk oval bercelup asfar kecoklatan.
Yang dimakan/dimanfaatkan: Umbinya biasa digoreng/direbus/ditumbuk.
12. Seledri.
Ciri-ciri: Batangnya berbentuk persegi dengan panjang 25-100, yang beralur membujur; N kepunyaan bunga kecil bercelup putih kehijauan yang berjumlah cukup banyak.
Nan dimakan/dimanfaatkan: Daunnya absah digunakan seumpama penghias makanan.

Source: https://brainly.co.id/tugas/7216605

Posted by: holymayhem.com