Merawat Tanaman Sayur Di Pegunungan

Suka-suka plural spesies tanaman sayuran yang diperlukan dalam konsumsi sehari-hari. Namun bukan semua pohon sayur cocok atau bisa tumbuh optimal bikin ditanam di pekarangan. Hal ini disebabkan cak semau beberapa variasi sayuran yang memerlukan kebulatan hati sinar syamsu yang tinggi, suhu yang campah, kendaraan yang luas dan tak sebagainya. Bilang spesies pohon sayur telah terbukti tumbuh dan berkembang dengan baik ditanam di pelataran apartemen. Berikut ini beberapa jenis tanaman sayuran yang bisa ditanamn di pekarangan rumah:

  1. Caisim Hijau (Caisim)

Sawi adalah sekelompok pokok kayu dari marga Brassica nan dimanfaatkan daun alias bunganya ibarat alamat alas (sayuran), baik segar maupun diolah. Sawi mencakup beberapa spesies Brassica nan kadang-kadang mirip suatu sama lain. Akan saja, lazimnya sawi hijau diusahakan di dataran rendah, yaitu di pekarangan, di huma, di botol atau di sawah, langka diusahakan di daerah pegunungan. Adapun pendirian budidaya sawit internal pot adalah : Siapkan jambang dengan ukuran diameter 15 cm atau abnormal, Isi pot dengan tanah tanah daun atau sub soil. akan lebih baik jikalau menggunakan kompos, Semaikan biji pakcoi di dalam satu pot. Mani sawi yang akan diusahakan harus dipilih yang berdaya tumbuh baik. Lakukan penyiraman setiap masa yaitu pagi dan sore hari. Bibit sawi putih dapat ditanam sesudah berumur 3 – 4 ahad setelah penyemaian biji sawi hijau

Tumbuhan pakcoi dapat dipetik hasilnya setelah berumur 2 wulan. Banyak mandu yang dilakukan cak bagi memanen pakcoi: suka-suka yang membedol seluruh tanaman, terserah nan mencelah bagian batangnya tepat di atas rataan tanah, dan terserah juga nan balung daunnya satu per satu. Cara yang terakhir ini dimaksudkan agar tanaman bisa tahan lama. Kerjakan menjaga ketersediaan sawi hijau anda dapat melakukan penanaman sawi dengan selang musim seminggu sekali sebanyak 5 – 10 pot.

  1. Seledri

Seledri (Apium graveolens) sekali lagi dikenal dengan etiket daun sop, merupakan pohon sayuran yang juga banyak dipakai sebagai tanaman pelelang. Media tanaman yang cocok yaitu senyawa tanah mampu, cendawan kandang dan serdak gergaji/sekam dengan perimbangan 1:1:1.

Penyemaian biji bisa dilakukan plong kotak/bedengan dengan alat angkut tanam tanah atau moss. Taburkan biji seledri secara merata, bertambah mudah bila biji dicampur dengan pasir lembut hendaknya penyebaran merata. Jaga cak acap kelembaban media agar biji cepat berkecambah. Setelah seledri bersemi dan mengeluarkan 2-3 patera, sudah bisa dipisah dan ditanam sreg polybag kecil atau kaca plastik lulusan air mineral, setelah tumbuhan memadai besar pindahkan lagi ke pot yang lebih raksasa maupun di tanam pada talang plastik. Perlindungan tanaman seledri pada skala rumah jenjang tidaklah sulit, yang terdahulu selalu jaga kelembaban media tanam, terutama di musim seronok,  hama  dan problem musykil ditemukan.  Pemupukan cukup dengan menyemprotkan kawul daun seperti Gandasil D seminggu sekali.

Pengetaman bisa dilakukan seminggu sekali dengan memetik daun nan sudah cukup ki akbar. Bagi mempercepat daunnya merecup besar, buang setiap keluar rente pada tanaman seledri, sehingga pertumbuhan daunnya maksimal. Membiarkan tumbuh anakan akan mengurangi pertumbuhan besar daun, tetapi keadaan ini boleh dilakukan apabila kita cak hendak melipatkan pokok kayu seledri tersebut suntuk bunga, pisahkan anakan yang sudah pas banyak perakarannya

  1. Bayam Merah

Seperti mana menanam sawi hijau baru, bayam merah juga jenis sayuran  sekata ditanam di pelataran rumah. Ambil biji bayam kemudian sebarkan di pot-pot berukuran sedang. Satu pot dapat pintar 10 skor maupun lebih. Jika pokok kayu cak hendak tumbuh makin subur maka jumlah tanaman per jambangan dapat dikurangi. Beberapa perian kemudian akan muncul tunas-taruk boncel, ingat tanah harus dalam keadaan basah dan lembap sebaiknya nilai cepat tumbuh. Jika pertumbuhan bayam terbatas baik, kurangi jumlah tanaman di privat botol, atau saling tanah pot dengan persil nan mentah, atau beri tambahan pupuk organik.


  1. Cabai Rawit

Cabai rawit merupakan kebutuhan sehari-musim nan cukup vital. Jenis sayuran ini baik tumbuh di pekarangan apartemen. Bahkan dalam beberapa pengalaman, menanam tanaman lada kutuk di jerambah n kepunyaan musim hidup yang lebih jenjang dipandingkan di sawah.


  1. Daun Bawang

Reboisasi menunggangi anakan. Purwa-tama, siapkan tumbuhan daun dasun pilihan dan buang sebagian daunnya. Tanam dalam jambang yang telah berisi media tanam. Setelah bawang daun berumur 15 hari, bakal penyulaman. Bila ada konsentrat bawang daun yang mati atau yang pertumbuhannya tekor baik, bacok kunarpa bunga dan daun tua untuk menggiurkan tunas. Siram secara terstruktur. Semprotkan racun hama organik bila muncul tanda-tanda terjangan hama dan komplikasi. Untuk menghasilkan daun bawang yang sehat dan ramah lingkungan, gunakan pupuk dan pestisida organik.


  1. Kangkung Cabut

Persiapkan peralatan dan bahan yang dibutuhkan (pot/polybag, benih kangkung, petak subur, air secukupnya). Isi pot/polybag dengan tanah subur alias media tanam lainnya, umpama : campuran arang sekam, tanah dan rabuk bunga tanah. Sebelum ditanam, rendam sperma / biji kangkung di internal air hingga semalam suntuk. Ia dapat menambahkan sedikit garam bila mesti sepatutnya benih cepat berkecambah.

Tanam mani bancet ke n domestik tanah/media tanam sampai kedalaman seputar 1-1,5 cm serta jarak tanam kira-kira 15-20 cm. Untuk jumlah benih tiap lubangnya dapat diisikan hingga 3-5 benih.

– Setelah itu benih ditutup dengan petak, perlahan guyur air dalam kuantitas yang agak banyak. Meski taksir becek, keadaan ini tidaklah mengapa. Bila kangkung sudah berkecambah, maka penyiraman bisa dilakukan secara rutin tiap sore dan pagi hari.

– Gunakan pot nan berformat katai (panjang penampang sekitar 10 cm). Saja, kalau tujuannya bakal memanen benihnya, maka tanamlah semen kangkung pada wadah yang lebih osean.

– Usahakan tanaman dapat terkena nur rawi bermula pagi tahun hingga senja hari bakal mempercepat pertumbuhan tanaman.

  1. Perawatan

– Guyur tanaman secara teratur setiap pagi dan sore hari .

– Pada umur 1 atau 2 ahad permulaan tanaman kangkung diberi pupuk seadanya.
– Lakukan pemeliharaan tanaman berpokok rumput bawah tangan.
– Masa panen berkisar 30-45 hari. Sesudah itu dapat sira petik dan dimasak sesuai dengan selera.

Menanam Kangkung Cabut maupun kangkung darat sangat mudah bikin dilakukan di pekarangan rumah. Kangkung cabut ditanam dari biji, ditunggu hingga tumbuh recup. Setelah tumbuh tunas terlazim penyiraman rutin dan dijaga agar sampai sedikit air, sehabis patut ki akbar dapat dipanen dengan mencabutnya atau memotongnya. Setelah dipotong tunas yunior akan tumbuh dan setelah ukuran lautan dapat dipotong kembali.

Pekarangan rumah boleh dimaksimalkan cak bagi memberikan angka tambah untuk sukma. Tidak hanya menyerahkan kesan asri dan segar namun mengebumikan tanaman sayur di halaman namun juga  memberikan nilai irit.

Penyalin : Elvinsye Latupeirissa

Source: http://cybex.pertanian.go.id/mobile/artikel/88997/Yuk-Menanam-Sayuran-Di-Pekarangan-/

Posted by: holymayhem.com