Merawat Tanaman Sayur Di Halaman

Jika berencana menanam sayuran untuk pertama kalinya, simak dan ikuti cara menanam sayur organik di rumah bagi pemula berikut agar sukses sampai panen tiba.
Sekiranya berencana menanam sayuran bakal pertama kalinya, simak dan ikuti cara menyelamatkan sayur organik di kondominium untuk pemula berikut agar sukses sampai panen mulai. (Foto: iStockphoto/Julia_Sudnitskaya)

Jakarta, CNN Indonesia



Berladang

sayuran sendiri di rumah cukup efektif bikin menindihkan pengeluaran belanja rumah janjang. Bila dilakukan dengan tepat, tipar sepetak sekali lagi bisa menghasilkan

sayuran


yang banyak sederum dapat menghemat uang.

Namun bagi Anda yang minim pengalaman mengetanahkan sayuran di kondominium, aktivitas ini makara gampang-gampang susah. Bahkan jika mengakhirkan untuk mengetanahkan sayur

organik

minus menunggangi bahan kimia.

Bikin itu, simak cara menanam sayur organik di rumah bikin pemula.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT


Pertimbangan Memilih Jenis Sayuran bakal Ditanam

Sayur mayurFoto: morgueFile/MaxStraeten
Sebelum menguburkan, pertimbangkan memilih jenis sayuran lakukan ditanam seharusnya karenanya maksimal sekaligus bisa menghemat komisi.

1. Pilih sayuran yang disuka

Pastikan macam nan ditanam adalah sayuran yang Anda sukai agar lain terbuang sia-sia. Aktivitas menanam juga membutuhkan upaya ekstra, kaprikornus jangan buang waktu dan uang Kamu untuk menanam sayuran nan lain siapa Anda makan.


2. Pilih sayuran yang lain cepat tembelang

Pilih sayuran yang mempunyai musim penyimpanan yang lama atau dapat dengan mudah disimpan. Jadi Anda tunak dapat memakannya meski mutakadim lewat beberapa perian pascapanen.

Spesies sayur yang kuat antara lain ubi benggala, umbi lapis bombay, ubi, labu, cabai, yang boleh disimpan dan awet selama beberapa minggu. Tentu dengan cara penyimpanan dan suhu yang sesuai.

Kemudian terserah buncis, tomat, mentimun, dan milu dapat diawetkan dengan dimasukkan dalam lemari pendingin.

3. Memilah-milah sayuran yang dijual dengan harga mahal

Ilustrasi TomatFoto: WDnet/Pixabay
Memilih variasi sayuran nan harganya mahal di toko atau supermarket tentu bisa menghemat pengeluaran belanjamu.

Moga lebih efektif dalam menghemat uang, tanam sayuran nan harganya mahal, tomat misalnya.

Ataupun dapat juga macam sayuran yang pelahap Kamu beli dan sering konsumsi, begitu juga kacang-kacangan, bawang bombay, bayam, brokoli, paprika, wortel, labu kuning, mentimun, ubi benggala, selada, pokcoy.


Cara Menanam Sayur Organik di Rumah bagi Pemula

Simak dan ikuti cara menguburkan sayur organik di rumah bagi pemula berikut sepatutnya sukses sebatas perian pengetaman berangkat.

1. Pilih panggung yang cocok

Lokasi menanam harus diperhitungkan agar tanaman segera tumbuh dengan subur. Mengutip
BonniePlants,
membeda-bedakan tempat nan mendapatkan seri syamsu cukup, setidaknya 6 hingga 8 jam per musim.

Tumbuhan berhasil seperti tomat, paprika, dan timun sangat membutuhkan sorot rawi mudahmudahan hasilnya makin berkecukupan.

Apabila lahan yang tersedia tidak mujur sinar matahari, enggak mesti mamang. Anda boleh menanam jenis sayuran seperti selada, kangkung, seledri, pakcoi, nan cukup mendapat kilauan matahari 3 jam per tahun.

Selain itu, jikalau enggak memiliki pekarangan atau petak yang luas, bukan makara landasan bakal enggak menanam sayuran di apartemen.

Persiapkan pot sebagai ki alat tanam dan letakkan pot tersebut lega area yang akrab dengan perbaraan namun tetap terkena seri mentari. Ini bertujuan agar mudah mengambilnya bilamana memasak.


2. Gunakan persil gembur

ilustrasi sarung tangan berkebunFoto: istockphoto/shapecharge
Ilustrasi. Mandu menanam sayur organik di flat bagi pemula adalah menunggangi petak yang subur.

Lahan yang baik lakukan mengebumikan sayur yaitu tipe persil yang subur. Lahan yang bernas dapat memperkuat sistem akar.

Cara membuat lahan menjadi gembur dan tetap menghasilkan sayuran organik ialah dengan memperalat cendawan kompos.

Pupuk tanah daun dapat dibeli pada toko tanaman atau membuatnya sendiri berasal campuran sisa daun. Meski demikian, butuh hari untuk membuat tanah kenyet-kenyut dengan menerimakan pupuk kompos.


3. Sesuaikan iklim

Mengetahui kepribadian sayuran yang sesuai dengan iklim daerah Anda akan mendukung jenis sayuran nan dihasilkan.

Misalnya wilayah Ia banyak dijumpai orang tani nan menjual tomat. Ini artinya wilayah Ia memang semupakat untuk ditanami pohon tomat.

Berikut jenis tanaman sayur organik yang mudah ditanam pemula.

  • Tomat
  • Bawang
  • Brokoli
  • Selada
  • Wortel
  • Kangkung
  • Katuk
  • Sahang
  • Sawi
  • Pokcoy
  • Bayam


Selain menyetarafkan tumbuhan dengan iklim, Dia dapat memulai dengan tanaman dari jumlah abnormal dahulu. Ini bermaksud agar mencegah kegagalan osean yang bisa takhlik Anda frustrasi dan sakit hati.


4. Rutin menyiram tanaman

ilustrasi sekop berkebunFoto: istockphoto/Pattanaphong Khuankaew
Ilustrasi. Cara menanam sayur organik di rumah kerjakan pemula adalah gebyur dengan koheren

Selain memastikan tanaman cukup dihinggapi sinar matahari, gebyur pula faktor penting nan harus rutin dilakukan. Namun menyiram tanaman juga tidak hantam kromo agar akar tunggang tanaman tidak cepat membusuk.

Menyiram tanaman yang telah merecup cak semau caranya. Masukkan jari Anda lega lahan sedalam 3 sentimeter pada pagi hari. Apabila masih terasa lembap, itu berarti kandungan air pada tanah masih terserah.

Anda tidak perlu menyiram dulu, kerjakan penyiraman sreg petang hari.

Berbeda pada bibit nan belum merecup. Engkau disarankan bagi menyiramnya dengan rutin, pada pagi dan sore masa dengan air nan cukup. Ini bertujuan cak bagi mempercepat tumbuh akarnya.

5. Hindari penggunaan pestisida

Ilustrasi PestisidaFoto: maya2015ap/Pixabay
Ilustrasi. Cara menanam sayur organik di rumah bikin pemula adalah menghindari penggunaan pestisida

Hama ialah kebalikan utama kerumahtanggaan berhuma sayur. Jika tegal Anda diserang wereng, kejadian pertama yang dilakukan yakni memastikan tanaman mendapat cahaya, nutrisi, dan kelengasan yang cukup.

Alih-alih menggunakan pestisida berbahan ilmu pisah, gunakan pestisida organik juga lakukan memusnahkan hama. Anda boleh membeli sabun insektisida, maupun mencipratkan air cabai puas tanaman yang terserang hama.

Mengutip
Good House Keeping, membiarkan pemangsa alami di tipar sayur juga dapat membantu memberantas hama, seperti katak, kadal, burung, hingga kelelawar.

Untuk mendatangkan mereka, Anda dapat menanam bunga kecil seperti alyssum dan adas manis, maupun menyisakan air buat pada ember untuk menarik pikiran hewan predator itu.

6. Lindungi tumbuhan dengan mulsa organik

Mulsa adalah media berladang untuk menudungi tanaman seperti sayuran.

Selain itu, kekuatan mulsa ialah untuk menjaga kelembapan tanah serta menekan pertumbuhan gulma dan penyakit, sehingga tumbuhan dapat tumbuh dengan baik, tanpa mengkhawatirkan serangan hama.

Menciptakan menjadikan mulsa organik tidaklah sulit. Anda dapat menggunakan jerami dari limbah antah, rincihan rumput, atau serutan kayu. Ini juga bermaksud untuk meninggi nutrisi pada petak.


7. Merotasi jenis tanaman

Birds eye view of a woman gardener weeding an organic vegetable garden with a hand fork, while kneeling on green grass and wearing red wellington boots.Foto: iStockphoto/cjp
Ilustrasi. Prinsip menanam sayur organik di rumah bagi pemula agar nonblok bermula hama ialah merotasi macam tanaman.

Salah satu cara terbaik untuk menjaga pokok kayu konsisten berkecukupan adalah mengganti keberagaman tanaman setiap masa, atau setidaknya sehabis pergantian musim.

Selain menjaga petak tetap kenyet-kenyut, metode rotasi ini teruji bikin mengecoh hama dan penyakit yang biasa menyerang tanaman pada pergantian musim.

Apabila spesies yang ditanam seperti katuk, bayam, kangkung, cobalah untuk menggantinya dengan tanaman cili, bawang, wortel, brokoli, dan tomat pada sesi maupun musim berikutnya.


8. Bersihkan dedaunan dan batang nan pontang-panting

Kebersihan menjadi hal utama mengetanahkan dan penuaian sayur organik bagi pemula.

Untuk menjaga sayuran yang ditanam sendiri tetap higienis, rutin bersihkan dedaunan dan batang yang berguguran, sambil memastikan menuai biji kemaluan sebelum menua dan membusuk pada batangnya.

Perhatikan pula tumbuhan nan berguguran akibat terserang hama atau penyakit. Sira tidak dapat menunggalkan limbah tersebut dengan jamur tanah daun.

Jangan lupa bersihkan alat nan sering digunakan bagi perawatan seperti sekop kecil, garpu, cangkul dengan menggunakan disinfektan.


9. Masa panen

Ilustrasi Membersihkan SayuranFoto: Tracey Nicholls/CSIRO
Ilustrasi. Saat tahun panen menginjak, segera petik sayuran agar bukan membusuk, kemudian bersihkan sebelum disimpan

Panen ialah masa yang paling kecil dinanti. Seandainya Dia bukan optimistis kapan tahun memanen sayuran, coba perhatikan perubahan warna pada buah alias daun yang mulai terlihat.

Petiklah secara acak dari seluruh tanaman, runcit hendaknya mendapatkan hasil yang merata.

Gunakanlah peralatan berkebun seperti mana pisau atau gunting lakukan memotong. Teknik ini minimum baik ketimbang Anda merobek atau pial hasil penuaian tanpa alat bantu.

Jika hasil panennya melimpah, Anda dapat membersihkannya silam kemudian disimpan di dalam kulkas atau kotak penyimpanan bahan makanan.

Itulah 9 cara menyelamatkan sayur organik di flat bagi pemula. Tidak mesti berkecil hati sekiranya hasil penuaian belum luber.

Asalkan menerapkan dengan cara nan tepat, Sira bisa menjadikannya bak bekal takrif menguburkan seterusnya dan menghasilkan pengetaman sayur organik meskipun masih pemula.

(cha/fef)



[Gambas:Video CNN]


Source: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20201027164216-277-563388/cara-menanam-sayur-organik-di-rumah-bagi-pemula

Posted by: holymayhem.com