Mengelompokkan Tanaman Jenis Sayuran Dan Bukan Sayurandan Melingkarinya

Pembahasan

Sayuran merupakan sebutan masyarakat bakal bahan pangan asal tumbuhan yang kebanyakan mengandung kadar air tangga dan dikonsumsi dalam peristiwa cegak atau setelah tergarap secara minimum. Sebutan bikin beraneka jenis sayuran disebut perumpamaan sayur-sayuran atau sayur-mayur. Sayuran dibedakan menjadi dua (2) adalah: Bersendikan adegan nan dimakan; Sayuran daun , jenis sayuran yang bisa dikonsumsi puas bagian daunnya. Contohnya Bayam, kodok dan sawi hijau. Sayuran bangkai , penggalan nan dimanfaatkan adalah babak yqng terdiri mulai sejak buku dan ruas. Contohnya sapersi, anak buluh, paku dan seledri. Sayuran akar , bagian sayuran berupa pongkol-umbian,yang merupakan akar mengembung. Contohnya kentang, wortel dan lobak. Sayuran bin , sayuran yang dimanfaatkan bukan namun polongnya saya tetapi kulitnya pun dapat masuk dimakan, Seperti buncis, polong panjang, polong ahmar dan kedelai. Sayuran bunga , sayuran yang dimanfaatkan bagian bunga nya. Contohnya brokoli, kembang kol, kecombrang dan bunga turi. Sayuran buah , sayur yang dimanfaatkan dibagian buahnya. Contohnya tomat, cabai, timun dan pare. Sayuran pangkal pohon kunarpa , sayuran yang tumbuh dalam tanah nan mengembung pada ujung batang. Contohnya kaspe, ubi kayu jalar, birah, umbi bit, dan gambili. Sayuran umbi lapis , sayuran yang tumbuh dibawah permukaan petak. Contohnya berambang merah, bawang putih, bawan bombai dan adas. Berdasarkan pigmen yang dikandung; Sayuran bercelup plonco , terbentuk oleh zat hijau nan kaya dengan karetenoiddan mengandung vitamin A. Contohnya kale, bayam dan kubis. Sayuran bercat ungu mengandung vitamin A, kalsium yang tinggi, mengandung antosianin, resveratrol dan cemberut elagik yang bisa mencegah serangan penyakit tumor ganas, diabetes, dan terjangan dalaman. Contohnya terong, wortel ungu, blueberry dan kubis ungu. Sayuran yang berwarna biru dan abang , disebabkan karena adanya zat anthocyanin yang sensitif terhadap perubahan ph dan dapat sagu belanda intern air. Contohnya tomat, bit, cabe, dan tak-lain. Sayuran corak asfar dan orange berpokok berpunca kandungan beta dan alfa karoten yang tidak beruabah dengan perebusan atau ph. Contohnya wortel, jagung, labu dan ubi jalar.

Sayuran merupakan sebutan mahajana buat mangsa wana asal pohon yang biasanya mengandung kadar air tataran dan dikonsumsi dalam keadaan segar atau setelah diselesaikan secara paling kecil. Sebutan untuk beraneka keberagaman sayuran disebut sebagai sayur-sayuran atau sayur-mayur. Sayuran dibedakan menjadi dua (2) yaitu:

Berdasarkan bagian yang dimakan;

  • Sayuran patera, varietas sayuran yang dapat dikonsumsi pada fragmen daunnya. Contohnya Bayam, bangkong dan sawi.
  • Sayuran batang, bagian yang dimanfaatkan adalah bagian yqng terdiri dari buku dan ruas. Contohnya sapersi, bambu muda, paku dan seledri.
  • Sayuran akar, bagian sayuran berupa umbi-umbian,yang merupakan akar tunjang melendung. Contohnya ubi belanda, wortel dan lobak.
  • Sayuran polong, sayuran yang dimanfaatkan lain hanya polongnya saya tetapi kulitnya juga bisa masuk dimakan, Seperti buncis, bin panjang, kedelai merah dan kedelai.
  • Sayuran bunga, sayuran yang dimanfaatkan adegan bunga nya. Contohnya brokoli, kembang kol, kecombrang dan anakan turi.
  • Sayuran biji kemaluan, sayur yang dimanfaatkan dibagian buahnya. Contohnya tomat, merica, timun dan pare.
  • Sayuran umbi batang, sayuran nan bertaruk dalam kapling nan membesar lega ujung mayat. Contohnya ketela pohon, ubi jalar, talas, umbi bit, dan gambili.
  • Sayuran dasun, sayuran yang tumbuh dibawah permukaan persil. Contohnya bawang merah, bawang safi, bawan bombai dan adas.

Berdasarkan pigmen yang dikandung;

  • Sayuran berwarna bau kencur, terbentuk maka itu klorofil yang kaya dengan karetenoiddan mengandung vitamin A. Contohnya kale, bayam dan kol.
  • Sayuran berwarna ungu
    mengandung zat makanan A, kalsium yang tinggi, mengandung antosianin, resveratrol dan asam elagik nan bisa mencegah serangan kelainan puru ajal, diabetes, dan terjangan jantung. Contohnya terong, wortel ungu, blueberry dan kubis ungu.
  • Sayuran yang berwarna biru dan merah, disebabkan karena adanya zat anthocyanin yang temperamental terhadap perubahan ph dan dapat larut dalam air. Contohnya tomat, bit, cabe, dan lain-lain.
  • Sayuran corak kuning dan orange
    bermula pecah rezeki beta dan alfa karoten nan bukan beruabah dengan perebusan atau ph. Contohnya wortel, jagung, labu dan ubi jalar.

Source: https://roboguru.ruangguru.com/question/klasifikasi-sayuran-dibedakan-menjadi-2-yaitu-sayuran-berdasarkan-bagian-yang-bisa-di_QU-XGT3R2ME

Posted by: holymayhem.com