Menerapkan Teknik Pembuatan Bedengan Tanaman Sayuran

Ayo, coba menanam sayur dengan metode fertigasi, dengan menjadikan artikel ini andai panduan dia.

Fertigasi yakni keseleo satu cara penanaman berusul sistem hidroponik. Mandu penanaman fertigasi sendiri memiliki keunggulan bagi para petani. Sehingga, bukan heran bila banyak petani yang memakamkan sayur dengan metode fertigasi.

Metode fertigasi sangat mudah untuk dilakukan dalam penghutanan neraca besar sekalipun. Selain itu, kaidah menanam sayuran di kebun dengan metode fertigasi bukan memerlukan preservasi yang sulit, karena sudah ditata segeh.

Teknik & Tips Memakamkan Sayur dengan Metode Fertigasi

Budidaya sayuran dengan metode fertigasi bukanlah hal yang rumpil. Namun, Ia perlu mengetahui teknik dan tips menanam sayur dengan metode fertigasi, seperti berikut ini:

Baca Juga: 5 Awalan Mudah Budidaya Hidroponik Kangkung Cak bagi Pemula

Menyiapkan Wahana Tanam

Sebelum melakukan penanaman sayur fertigasi, Dia mesti menyiapkan kendaraan tanam dengan baik agar sayur tumbuh optimal. Media tanam yang terbiasa disiapkan seperti petak tanam, plastik mulsa, dan polybag.

Pilihlah lahan tanam yang dapat terkena matahari, karena sayuran membutuhkan kilap surya untuk proses fotosintesis. Setelah itu, bersihkan lahan dari gulma serta pohon nan mengganggu lainnya.

Pastikan persil tanam jauh dari area laut, karena bilang sayuran akan busuk jika terkena air masin. Buatlah bedengan pada lahan agar tak terjadi becek detik musim hujan abu. Jangan tengung-tenging untuk melambuk persil dan memberi pupuk soren.

Berikanlah plastik mulsa di atas bedengan agar gulma atau rumput liar enggak mudah tumbuh di petak. Setelah itu, bikin gua tanam yang diberi jarak 20-40 cm setiap korok.

Pembuatan korok tanam dilakukan saat polybag akan dipasang di atas korok tersebut. Polybag tidak teradat diisi tanah buat menanam sayur fertigasi. Melainkan diisi dengan kelikir halus, abuk kayu, pasir kasar, kawul akar tunjang, dan sekam yang dicampur merata.

Jangan lupa memberi pupuk sumber akar secara merata. Sebaiknya suhu sarana puas polibag menaiki, Anda boleh menggunakan pupuk nan sudah didekomposisi.

lahan fertigasi
kangtani.com

Penanaman Bibit Sayuran

Anda dapat mendapatkan esensi sayuran dengan membelinya di toko pertanian. Rendam skor sayuran bahkan dulu di air yang dicampur dengan Zpt auksin serta fungisida sistemik sebatas satu jam, setelah itu keringkan kembali.

Menapis persil sampai halus lalu masukkan biji sayuran puas pot kecil sekitar 2-3 biji per pot. Lakukan pendirusan secara rutin dan biarkan sayur tumbuh.

Untuk tanaman yang masih taruna, lebih baik tidak dijangkiti sinar matahari secara sedarun. setelah 2 minggu dia bisa menularkan pohon ke dalam polybag yang lebih besar.

Berilah gorong-gorong tanam polibag dengan serat NPK grower dan KNO3 dosis rendah. Amnesti plastik malah lalu, lalu tanam sayuran di polybag.

Eksodus tanaman ini dilakukan pada sore hari. Hendaknya sayuran tak terkontaminasi dengan jamur, Engkau dapat melakukan pergantian sari yang sunyi dan meningkatkannya dengan fungisida sistemik selama 3 masa sejak reboisasi.

Baca Pun: Budidaya Hidroponik Dapat Dilakukan dengan 5 Tahap Ini

Pasang Sistem Pengairan

Anda bisa meletuskan selang di setiap pohon. Agar air mengalir Anda bisa buat 2 prinsip yakni menggunakan pompa air atau mengedrop penampungan air pada posisi yang kian tataran.

Arahkan selang puas setiap tanaman. Hal tersebut melancarkan Anda untuk mengamalkan tahap irigasi tanaman.

sayur fertigasi
bibitonline.com

Perawatan Tanaman

Hendaknya hasilnya maksimal, Anda terbiasa melakukan perawatan pada tanaman sayur fertigasi, begitu juga membagi baja susulan dan menanggulangi hama serta penyakit.

Rabuk susulan ditujukan seyogiannya tumbuhan bisa tumbuh dengan cepat. Anda bisa mengocorkan rabuk NPK grower atau ZA sembari memperalat semprotan POC lakukan menyuplai kebutuhan berupa partikel hara mikro.

Untuk menanggulangi wereng dan penyakit pada tanaman, Anda bisa memperalat Penanganan Hama Terpadu atau PHT. Yakni dengan cara menganalisis berbagai gejala nan terlihat lega tumbuhan.

Tentang bakal melawan serangan serabut, Anda bisa menggunakan fungisida sistemik dengan dosis yang sesuai. Sedangkan untuk terjangan hama berupa serangga, gunakan cacian racun serangga.

Panen Tumbuhan Sayur

Anda boleh memanen tanaman sayur fertigasi puas waktu 2 bulan sejak menanamnya (tergantung variasi sayur). Hendaknya tanaman memiliki tembolok air banyak dan bertambah tahan angkut, Anda mesti melakukan pengairan sebelum panen.

Semprotkan fungisida bakal satu mana tahu panen sayur, agar jamur tidak tumbuh akibat jejas pemetikan patera.


Itulah 5 teknik menanam sayur dengan metode fertigasi yang boleh Anda coba lakukan. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa SHARE artikel ini kepada teman-lawan kamu ya!

Baca Juga: Bertanam Hidroponik? Ini Dia Pendirian Membuat Rabuk AB Mix Sendiri

Kepingin lego hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Buntelan Tani Digital disini.

Penis artikel perkebunan alias berita perkebunan terbaru? Sekaligus doang klik disini.

Sumber:

  • http://ilmubudidaya.com/pendirian-memakamkan-sayur-fertigasi
  • https://www.faunadanflora.com/mandu-memakamkan-sayuran-dengan-sistem-fertigasi-bagi-pemula-sebaiknya-sukses/

Sendang gambar penting: http://fertigasi-tamanbudiman.blogspot.com

Source: https://paktanidigital.com/artikel/5-teknik-tips-menanam-sayur-dengan-metode-fertigasi/

Posted by: holymayhem.com