JAKARTA –
Kronologi teknologi digital membentuk persaingan bisnis semakin gencar dan memudahkan perusahaan terhubung dengan seluruh konsumennya.

Diplomat Success Challenge (DSC) 12, kompetisi wiraswasta terdepan di Indonesia yang digelar oleh Wismilak Foundation, sekali lagi menghadirkan webinar bersama MarkPlus Institute dengan tajuk “Leveraging Digital Technologies for Business Starter”. Menghadirkan penceramah, Rama Mamuaya selaku CEO Daily Social, Ivan Tigana selaku CCO Nodeflux, serta alumni DSC X adalah Atha Mutiara Laksmi selaku CEO Hear Derita. Ketiganya berbagi insight bagaimana peluang penerapan teknologi digital dan uang sogok mengimplementasikannya untuk para pelaku dagang pemula maupun bisnis jalan tikus.

Peristiwa hawar memang melahirkan perubahan signifikan khususnya dalam gerendel adopsi digital, dimana banyak kebiasaan baru bertumpu kepada teknologi digital. Adopsi teknologi mutakadim mengubah perilaku publik, terbit nan sebelumnya offline menjadi online dengan sekuritas yang suntuk masif. Dimana sebanyak 55% mahajana menghabiskan waktunya internal sehari secara online. Selain itu hanya di musim 2020 saja, ada 10 juta interpolasi online shopper baru. Dibandingkan dengan rata-rata tahun sebelumnya, jumlah kenaikan online shopper hanya selingkung 5-6 juta. Sehingga pentingnya melebarkan teknologi digital, spontan menjadi peluang yang menjanjikan bagi entrepreneur atau yang ingin memulai jual beli.


Rama Mamuaya, Founder Daily Social, sebuah wahana yang banyak mengupas bisnis teknologi dan ekosistem startup, menyarankan mungkin pula nan berencana memulai bisnis di era sekarang, dituntut lebih inovatif dalam memanfaatkan teknologi digital kerjakan menciptakan pelayanan baru dan pengalaman makin baik bagi pelanggan.

Rama memprediksi tech startup atau firma yang menghasilkan dan lego teknologi industri, menjadi sektor bisnis yang paling potensial di masa kini dan mendatang. Diantaranya sebagaimana sektor menggalas yang menawarkan digital transformation, ekspansi UMKM, serta logistik.

“Terlebih kulak rataan health care dan pendidikan berbasis teknologi, yang berkembang signifikan selama penerapan social distancing. Kuncinya bagi mereka nan ingin memulai komersial tech startup ialah jeli mengakomodasi kebutuhan masyarakat, serta inovatif dalam menjawab keburukan yang ada,” papar Rama, Rabu (1/9/2021).

Teknologi Face Recognition buat Dorong Transformasi Digitalisasi Pelayanan Publik

Peningkatan adaptasi teknologi Artificial Intelligence (AI) puas sektor pemerintah & swasta sejauh epidemi, mengalami peningkatan. Pernyataan ini didukung maka itu data yang dilansir McKinsey & Company bahwa detik ini Indonesia menjadi keseleo satu negara tercepat dalam melakukan adopsi digital.


Ivan Tigana, CCO Nodeflux, perusahaan teknologi berbasis kecerdikan buatan atau Artificial Intelligence mengatakan, adaptasi digital ini pelecok satunya melintasi pemanfaatan face recognition yang terjadi pada transfigurasi digital pelayanan publik sampai transaksi perbankan digital.

“AI bukan seakan-akan teknologi yang akan menggantikan individu, melainkan bagaimana AI adv amat membantu manusia, misalnya internal decision making dan tepat guna proses. AI sangat membantu dalam mengumpulkan data secara pandang bening, sehingga membantu pemakai dalam mengambil keputusan. Terutama dagang yang orientasinya direct to customer. Sehingga meningkatkan customer experience hingga personalized service nan menyenangka. Contoh lain internal segi operasional bisnis, habituasi teknologi AI terbukti meningkatkan efisiensi,” jelasnya.

Dalam sesi sawala bagaimana para praktisi gerakan ingin memulai bisnis yang mengembangkan teknologi digital, Ivan memaparkan ancang terbelakang sebelum memulai bisnis dengan pengembangan AI berlandaskan strategi nan berdampak diimplementasikan makanya Nodeflux. Pertama, ketahui stakeholder dalam memikul ini. Kedua, tentukan core positioning dan business sempurna seperti apa. Ketiga, pahami ekosistem bisnis supaya pada implementasinya bisa memafhumi proses delivery niaga akan sama dengan apa. Terakhir dan tidak kalah terdahulu, pahami hal-hal yang berkaitan dengan statuta yang ada, terdaftar juga tidak terpejam peluang potensi bekerjasama dengan pemerintah.

Semua Ide Bisnis Bisa Diajukan di DSC

Sejalan dengan Ivan Tigana, Athalia Dur Laksmi, CEO Hear Me, percaya bahwa teknologi digital dapat membantu makhluk. Baginya, teknologi digital dapat dipakai bakal kesejahteraan semua manusia, teragendakan kaum difabel.

Bersama dengan teman-temannya, Atalia n kepunyaan ide bisnis berbasis teknologi digital berupa petisi yang membantu penyandang difabel tuli dan tuna rungu yang diberi nama Hear Me. Sebuah aplikasi penerjemah bahasa isyarat Indonesia pertama dengan tampilan 3D animasi. Ide awal hadirnya tuntutan ini sederhana, yaitu berujud bagi menjembatani komunikasi penyandang tuna rungu.

“Saat mengikuti DSC X di tahun 2019, Hear Me masih berupa ide dan prototype komersial saja. Kemudian, privat proses mengikuti DSC setakat berbuah menjadi finalis, Hear Derita terus berkembang melalui sejumlah pendampingan DSC, sehingga kini Hear Me sudah lalu meluncurkan aplikasinya.’ tutur Athalia.

Program Initiator DSC, Edric Chandra, menegaskan, DSC tidak membatasi ide menggandar atau kategori khusus. Yang bermakna ialah memiliki ide niaga yang segak.

“Kemajuan teknologi seharusnya diikuti dengan ide-ide produktif menciptakan solusi berbunga problem sosial yang cak semau di mileu kita. Seimbang seperti menggalas teknologi digital yang dikembangkan Athalia. Keberhasilan teknologi seharusnya diikuti dengan ide-ide kreatif menciptakan solusi bersumber ki aib sosial nan ada di lingkungan kita. Bahkan bisnis ini pun berhasil baik bagi masyarakat,” ungkap Edric.

DSC 12 mengundang mahajana Indonesia, baik yang sudah menjalankan bisnis ataupun baru sebatas ide, untuk siap meraih probabilitas menggalas dan #BikinGebrakan kerjakan Indonesia. Segera daftarkan diri dan bisnismu ke DSC 12 melewati situs www.diplomatsukses.com. Nantikan informasi terkini akan halnya DSC 12 di linimasa Instagram @diplomatsukses, Facebook Wismilak Diplomat, dan Twitter @diplomat_sukses.