Massa Pertumbuhan Tanaman Sayur Kol

Budidaya kembang kol – Kembang kol adalah salah satu diversifikasi sayuran nan termasuk internal famili Brassicaceae atau spesies kol dengan bunga putih kecil. Di Indonesia sendiri tanaman ini baku disebut dengan kubis bunga ataupun blum kol. Tanaman kembang kubis ini berasal dari negeri Mediterania yang memiliki iklim subtropis dan telah banyak dikembangkan oleh seorang pandai jauhar yang berbunga dari Amerika di periode 1866. Tanaman sayuran ini timbrung ke Indonesia sekitar abad 19 nan dibawa maka dari itu pendatang ataupun orang – turunan dari India.

budidaya kembang kol


Menanam kembang kol di lahan-budidaya kembang kubis-homeguide

Bagi melakukan budidaya kembang kol, langkah sediakala yang harus Anda lakukan adalah menentukan lokasi. Pada awalnya tanaman ini hanya mampu sukma pada daerah yang mempunyai temperatur minimal 180 derajat celcius dan maksimum 240 derajat celcius. Kelembaban optimum antara 80 – 90%. Akan tetapi saat ini telah ditemukan varietas kultivar hijau yang dapat atma terhadap guru tinggi dan lembang rendah serta legok madya.

Budidaya rente kubis akan menghasilkan lebih maksimal sekiranya ditanam plong tanah belet. Akan sahaja tanaman ini pula dapat tumbuh dengan baik plong tanah yang berpasir atau liat berpasir. Usahakan persil buat menanam harus berlimpah, gembur dan banyak mengandung sasaran organik. Takdirnya sasaran organik atau unsur hara mikro sreg persil kurang maka dapat dicukupi dengan melakukan pemupukan.

Lakukan melakukan budidaya kembang kol dengan baik dan hasil yang diperoleh maksimal maka berikut kami berikan sejumlah persiapan prinsip budidaya kembang kubis bagi Ia.


Mengerjakan Persemaian

Lakukan persemaian sreg budidaya kembang kol ini, Ia bisa menunggangi polybag dengan matra 7 x 10 cm. Kendaraan persemaian yang dapat Sira pakai adalah senyawa petak renik dan pupuk kandang dengan proporsi 2 : 1. Sebelum Beliau menggunakan, media mudahmudahan disterilkan terlebih dahulu dengan pendirian mengukus meda semai sejauh 30 – 60 menit atau dengan pendirian menyiramkan hancuran formalin 40% kemudian ditutup plastik sejauh kurang lebih 24 jam dan kemudian dianginkan.

Perawatan intern persemaian pada bibit kembang kol yang dapat Beliau cak bagi adalah dengan berbuat penyiraman dua kali sehari, membuka naungan persemaian setiap pagi dan burit tahun, mengerjakan penyiangan dan mengasihkan larutan pupuk urea dengan pemfokusan sekitar 0,5 gr sendirisendiri liternya. Serta lakukan penyemprotan pestisida sepotong dari dosis yang dinasihatkan.


Mempersiapkan Lahan Tanam

Buatlah lahan tanam menciptakan menjadikan bedengan dengan ukuran 80 – 100 cm dengan tinggi 35 cm dan jarak antar bedengan sekitar 40 cm. Sebelum takhlik bedengan bersihkanlah lahan terlebih dahulu persil dari tanaman – pokok kayu bawah tangan. Jika pH pada petak lebih minus bermula 5,5 maka Anda bisa mengerjakan pengapuran. Dosis pengapuran antara 1 – 2 ton/ha yang digunakan dalam bentuk dolomit atau kalsit.

Selama pembuatan bedengan untuk budidaya kembang kol, Anda dapat juga melakukan fertilisasi dengan menggunakan pupuk kandang dengan dosis 12 – 17 ton/ha, jamur ZA, Urea, SP-36 dan KCL dengan dosis masing – masing invalid lebih 250 kg. Pemupukan dilakukan dengan menyebar pupuk secara merata plong bedengan.


Proses Penghutanan

Proses penghijauan pada budidaya kembang kol dapat Sira lakukan pada pagi dan burit waktu. Sementara cak bagi ekstrak kembang kol yang mutakadim boleh Anda pindah tanam yakni bibit nan punya 4 helai patera dan telah berumur 1 bulan. Bakal jarak tanam, Beliau bisa mengimbangkan dengan kultivar yang digunakan. Untuk kultivar dengan tajuk rata gigi Anda bisa menggunakan jarak tanam 50 x 50 cm dan jarak tanam 45 x 65 buat kultivar kembang kol dengan tajuk bersimbah. Cara menanam kembang kol harus dilakukan dengan hati – lever karena akar dan patera bibit akan mudah rusak.


Proses Proteksi Tanaman

Sepanjang proses pemeliharaan tanaman bunga kol, suka-suka beberapa anju yang bisa Engkau lakukan. Yang permulaan adalah penyulaman. Untuk tanaman kol nan enggak sehat atau hening harus segera diganti dengan tanaman baru. Penyulaman dapat dilakukan sampai tumbuhan berusia 2 minggu setelah tanam. Langkah perawatan lainnya ialah penyiangan. Peyiangan dilakukan secara hati – hati agar tidak subversif akar tanaman. Hentikan penyiangan puas pengunci fase vegetatif.

Perempelan yaitu penjagaan tanaman lega budidaya kembang kol yang sedini mungkin dilakukan, karena akan berpengaruh  pada kualitas dan dimensi konglomerat anakan. Selain itu anak uang boleh terbimbing dengan maksimal. Setelah bunga kol telah terbentuk maka Engkau dapat menaungi bunga bersumber kurat mentari. Caranya yakni dengan menggerutu daun – daun tua. Fungsi penaungan adalah semoga warna bunga teguh putih.

Pemberian baja susulan dapat dilakukan sebanyak tiga kali. Nan mula-mula dapat Anda berikan kapan tanaman kembang kubis berusia 7 – 10 hari setelah tanam. Engkau bisa menggunakan serabut SP-36, Urea, Za dan KCL. Pemupukan kedua dapat dilakukan kapan tanaman berumur 20 HST dan pemupukan yang ketiga bisa dilakukan pada saat anakan kol berumur 30 – 35 HST. Lakukan kembali pendirusan secara rutin di pagi dan petang periode.

Kerjakan pengendalian gempuran hama dan komplikasi pada budidaya kembang kol bisa dilakukan dengan prinsip arus tumbuhan. Sedangkan untuk pengendalian biologis bisa menunggangi organisme yang menjadi musuh alami serta Engkau dapat mengaplikasikan pestisida biologis atau kimiawi jika ofensif telah elusif.


Resistan Panen Tanaman Kembang Kol

Tanaman lega budidaya kembang kubis Dia sudah dapat dipanen pron bila tanaman berumur 50 – 100 musim setelah perian tanam. Tergantung pun berbunga kultivar jenis apa yang Ia tanam. Panen baiknya dilakukan pada pagi dan tunggang periode. Sehabis proses pemanenan radu maka lakukannya pemilihan dan penyimpanan dengan baik.

budidaya kembang kol

Penuaian bunga kubis-budidaya kembang kol-aliexpress

Demikian tips budidaya kembang kol dari kami, hendaknya dapat menyerahkan inspirasi kepada Sira. Selain kembang kubis, tanaman tidak berpunca famili jenis kol yang bisa Dia budidayakan yakni brokoli. Berikut mandu mengebumikan brokoli secara hidroponik.
Klik di sini.


sumber gambar: agrifarming

Source: https://www.infoagribisnis.com/2018/05/budidaya-kembang-kol/

Posted by: holymayhem.com