Manfaat Sekam Untuk Tanaman Hias

JAKARTA, KOMPAS.com –
Ki alat tanam sangat signifikan dalam pemeliharaan dan perawatan pokok kayu. Sebab, ki alat tanam juga memberikan nutrisi yang dibutuhkan tanaman kiranya dapat kukuh hidup dan tumbuh.

Riuk satu kendaraan tanam yang boleh Anda gunakan lakukan tanaman yaitu sekam padi. Dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Jumat (3/12/2021), sekam pada ialah kulit padi sehabis diambil bulir berasnya.

Sekam yakni hasil sampingan dari penggilingan antah selain bekatul. Karena melimpah, berkali-kali sekam pari setakat dibuangkarena dianggap limbah, terutama di sentra pertanian.

Baca juga: Apa Nama Arang Sekam bak Kendaraan Tanam? Ini Penjelasannya

Seandainya dijual pun harganya murah. Lazimnya, sekam diambil oleh industri alai-belai bata buat dijadikan bahan bakar.

Ilustrasi sekam padi yang dapat dimanfaatkan sebagai media tanam.
SHUTTERSTOCK/JOHAN KUSUMA
Ilustrasi sekam padi yang bisa dimanfaatkan ibarat sarana tanam.

Masa ini, sekam antah banyak digunakan untuk dijadikan kendaraan tanam. Sekam antah memiliki kelebihan sebagai media tanam, antara lain karena bentuknya yang seperti biduk dan memiliki perut, sehingga gemuk menahan vitamin lebih lama.

Terserah beberapa kurnia sekam padi sebagai media tanam, antara lain sebagai berikut.

1. Menyunting struktur lahan dan meningkatkan porositas

Campurkan sekam pari bersama ki alat tanam, terutama untuk pot atau polybag, maka tanah akan mempunyai sifat endut-endut dan poros.

Baca kembali: Cara Menyelamatkan Tanaman Rias Menggunakan Media Tanam Air

Dengan menggunakan sekam antah perumpamaan media tanam, akar tanaman bisa terlampau banyak dan menjalar ke berbagai sisi. Ini karena tanah mempunyai banyak rongga bikin perkembangan perakaran.

2. Penangkal kucing

Kucing adalah salah satu hewan nan sering mengganggu di tipar atau halaman apartemen. Mereka bermain hingga buang air besar di sana.

Taburkan sekam padi agak tebal di atas kebun. Tutupi tanah dengan merata sehingga tampak seperti mulsa.

Meong tidak akan bermain dan beraktivitas pada tanah yang dilapisi sekam padi. Bentuk sekam nan tajam tidak disukai kucing.

Baca kembali: Campuran Media Tanam yang Bakir untuk Tanaman Solek

Ilustrasi sekam padi.
SHUTTERSTOCK/DORACLUB
Ilustrasi sekam padi.

3. Penangkal bekicot dan slug

Bekicot adalah lawan tanaman muda, demikian juga slug. Slug yaitu masih jenis bekicot juga, tapi anda tidak mempunyai kondominium.

Anak adam anak adam sering mengiranya lintah, padahal tak. Baik bekicot maupun slug mengamati di lilin lebah hari dengan memakan pokok kayu pokok kayu muda.

Untuk mengatasi terjangan kedua wereng ini, taburkan sekam di sekeliling pohon. Ki gua garba mereka yang lunak tidak akan sanggup melewati sekam padi nan tajam.

Akan sekadar, jangan lalai, bekicot dan slug sekali lagi bisa memanjat. Mereka bisa menyerang dari arah atas bila terserah jalannya.

Baca pula: Rajangan Pupuk agar Tidak Perlu Sering Mengganti Wahana Tanam Aglonema

4. Laksana mulsa dan memperindah tipar

Mulsa yaitu sepuhan penaung tanah yang diletakkan di sekeliling tumbuhan. Hidayah mulsa bermanfaat cak bagi menjaga kelembapan tanah, menghambat gulma, dan disukai makanya makhluk-sosok renik nan ada di dalam tanah.

Mulsa bisa dari dari jeluang koran, kompos, jerami, ataupun bahkan plastik. Penggunaan sekam padi bagaikan mulsa akan mengasihkan suatu kepentingan tambahan.

Kebun atau tanaman di n domestik pot akan tertentang kian bersih, lebih segeh, dan makin indah dipandang.

Ilustrasi sekam bakar sebagai media tanam.
SHUTTERSTOCK/SHANJAYA
Ilustrasi sekam bakar andai wahana tanam.

5. Dibakar buat sintesis media tanam lainnya

Penggunaan sekam padi boleh pula dibakar makin dahulu sampai hangus setengahnya atau 50 uang jasa atau terbakar mumbung (seratus persen). kemudian digunakan sebagai campuran ki alat tanam.

Baca sekali lagi: Jenis Media Tanam Organik dan Anorganik Pengubah Petak

Campurlah dengan kapling, dan kompos. Keuntungan menunggangi media tanam sekam bakar adalah steril, poros, banyak zarah hara, dan ringan sehingga pot tanaman mudah mobilisasinya.

Beberapa guna sekam bakar antara lain sebagai berikut.

  • Bikin pembebat unsur elemen hara kerumahtanggaan tanah, sehingga gelojoh tersaji buat pokok kayu.
  • Untuk merevisi tingkat keasaman tanah.
  • Makanan silikanya dapat memperapat daun. Intern uji coba, tanaman yang diberi sekam bakar lebih mengirik patera-daunnya.
  • Makanan fosfatnya dapat memperkuat pohon dan mendorong perkembangan sel-sel tanaman.
  • Panggung hidup yang bagus bagi bakteri bermanfaat

Baca juga: 3 Pilihan Wahana Tanam yang Bagus kerjakan Lidah Mertua

Adapun cara membuat sekam bakar merupakan dengan mengedrop seng di atas api, kemudian letakkan sekam di atas seng. Aduk sebentar sampai mulai kelihatan kehitaman.

Lebih jauh, angkat seng (jauhkan dari jago merah) sederum patuh diaduk-aduk. Lama-kelamaan sekam itu akan menghitam merata.

Kita juga bisa membuat alat pembakaran portabel dari kaleng biskuit yang diberi pegangan. Kemudian sekam diletakkan di dalamnya dan dipanggang sebentar sebatas cukup menghitam.

Sekam bakar siap bakal dijadikan media tanam.

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap hari berpunca Kompas.com. Ayo bergabung di Grup Kabel “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://kaki langit.berpenyakitan/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install permohonan Telegram terlebih lampau di ponsel.

Source: https://www.kompas.com/homey/read/2021/12/03/075400076/catat-5-manfaat-sekam-padi-sebagai-media-tanam?page=all

Posted by: holymayhem.com