Makalah Tentang 10 Tanaman Sayuran Beserta Gambarnya


Amanat HASIL



PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL)


TEKNIK BUDIDAYA Tanaman PAKCOY


 (Brassica rapa
L.)
DENGAN SISTEM HIDROPONIK




DI AGRIBUSINESS DEVELOPMENT STATION


INSTITUT PERTANIAN BOGOR

           Di susun oleh:


Alya Alimah                            NIS. 2264

Lingga Hormat Alaika                 NIS. 2415

                         Solihah                                     NIS. 2577

             Umi Alfianita                          NIS. 2618


SEKOLAH Madya KEJURUAN



Negeri



PERTANIAN






TERPADU






PROVINSI RIAU


Falak


AHUN



Les 201



6


/201


7






            Pintu



I




PENDAHULUAN

Praktik kerja lapangan yakni bagian dari proses pendidikan yang berhubungan dempang dengan

peluasan

kompetensi pesuluh secara utuh dan peningkatan kemampuan pelajar. Maka itu karna itu, kegiatan praktik kerja industri ini menjadi terkonsolidasi berpokok kurikulum sekolah

serta

menjadi syarat bagi setiap pelajar bikin dapat mengajuk ujian akhir.

Praktik kerja alun-alun bertujuan semoga siswa memiliki vitalitas kehidupan kerumahtanggaan berwira gerakan serta mempunyai kompetensi suatu usaha dibidang perladangan secara profesional dengan menuduh keadaan dan potensi wilayah.

N domestik permakluman praktik kerja lapangan ini kami menyusun beberapa perumusan atau batasan masalah meliputi:

1.

Bagaimana membudidayakan pohon sayuran pakcoy dengan sistem hidroponik teknik lanting apung

2.

Jenis permintaan hidroponik


Gerbang II




PROFIL AGRIBUSINESS DEVELOPMENT STATION

·


VISI PERUSAHAAN

            Menjadi
extension service station
yang mandiri dan mampu kontributif distribusi hasil penelitian perguruan tinggi berbasis riset bertaraf internasional dan gembong prima pengarusutamaan pertanian.

·


MISI PERUSAHAAN

1.

Menyelenggarakan rotasi terobosan IPTEK melalui pendampingan umum nan komprehensif privat rangka meningkatkan buku saing bangsa.

2.

Melebarkan contoh pendampingan publik yang sesuai dengan istimewa lokal.

3.

Memfasilitasi kegiatan pendidikan dan pendalaman internal bidang hortikultura.

4.

Membangun system manajemen unit yang bersumber kewirausahaan, efektif, membayang, dan akuntabel.


Gerbang III


TINJAUAN Teks


3.1       Sejarah Pokok kayu Sawi Spatula atau Pakcoy






Tanaman pakcoy (Brassica rapa
L.)
adalah varietas tanaman sayur-sayuran nan termasuk keluarga Brassicaceae. Tumbuhan pakcoy  terbit terbit China dan sudah dibudidayakan setelah abad ke-5 secara luas di China selatan dan China pusat serta Taiwan. Sayuran ini merupakan introduksi baru di Jepang dan masih sefamily dengan
Chinese vegetable.
Ketika ini pakcoy dikembangkan secara luas di Filipina, Malaysia, Indonesia dan Thailand.

            Rubadtzky dan Yamaguchi (1998) menyatakan “ Tanaman pakcoy merupakan riuk satu sayuran penting di Asia, atau khususnya di China. Daun pakcoy beranting, berbentuk elips dan mengkilap, tersusun dalam spiral rapat, melekat pada batang yang terdesak. Pelepah berwarna putih atau hijau muda, gemuk dan berdaging, tinggi pokok kayu mencapai 15-30 cm. Keanekaragaman morfologis dan musim kematangan cukup raksasa puas bermacam rupa varietas internal kelompok ini.”


3.2       Klasifikasi Tanaman Sawi Sendok atau Pakcoy





Akan halnya klasifikasi tumbuhan Sawi sendok/Pakcoy adalah sebagai berikut:

            Kingdom         :
Plantae


            Divisi               :
Spermatophyta

Kelas               :
Dicotyledonae


            Ordo                :
Rhoeadales

            Famili              :
Brassicaceae

            Genus              :
Brassica

            Tipe            :
Brassica rapa
L.


3.3       Macam Tanaman Sawi Sendok atau Pakcoy

Dengan berkembangnya peradaban manusia dan teknologi, kini telah ditemukan varietas baru yang lebih unggul bermula generasi generasi sebelumnya nan jumlahnya tidak terhitung lagi. Varietas varietas pakcoy tersebut dibagi dalam dua kelompok laksana berikut:

            Flamingo yakni salah satu varietas tanaman pakcoy nan dari berpokok China dan punya golongan varietas hibrida silang tunggal. Pakcoy flamingo mempunyai tinggi tanaman  17-20 cm, memiliki daun terluar berbentuk lonjong berwarna hijau keputihan dan berukuran panjang 12-14 cm sementara itu gempal 9-11 cm. Pakcoy flamingo memiliki rasa nan berbeda berasal pakcoy bukan yakni lain pahit sehingga banyak yang mengonsumsinya meskipun jarang ditemukan adanya pakcoy ini. Mani pakcoy flamingo berwarna coklat dan bulat yang memiliki runyam 3-3,5 gram bagi 1.000 sperma. Pakcoy flamingo bisa menghasilkan 20–29 Ton atau sekitar 250.000–333.000 tanaman dengan kebutuhan benihnya 850–963 gram masing-masing hektar. Pakcoy ini bisa beradaptasi dengan baik di lembang cacat dengan kemuliaan 140–350 mdpl. Pakcoy flamingo bisa dipanen pada roh 25–28 setelah tanam.

            Pakcoy varietas emone 26 dikembangkan di Jepang oleh Tohoku seed yang merupakan golongan benih varietas hibrida. Pakcoy emone 26 punya ciri ciri bentuk tanaman takut, ujung daun membusur ke atas,  memiliki tingkatan tanaman 21–28 cm, bentuk patera buntar dan berwarna hijau berukuran pangkat 17–19 cm, demes 13-15 cm serta rasanya pun tak plus pahit. Benih berwarna coklat lanjut usia dan berbentuk buntar nan mempunyai berat 2-3 gram untuk 1.000 bijinya. Pakcoy emone 26 bisa menghasilkan 170.000 tanaman sendirisendiri hektar bikin kebutuhan sperma 408–612 gram.


3.4       Morfologi Tanaman Pakcoi Sendok maupun Pakcoy







Pohon pakcoy (Brassica rapa
L.)
tertulis intern jenis sayuran sawi putih yang mudah diperoleh dan memadai ekonomis. Saat ini pakcoy dimanfaatkan makanya masyarakat dalam bineka masakan. Peristiwa ini cukup meningkatkan kebutuhan publik akan tanaman pakcoy. Tanaman pakcoy memadai mudah untuk di budidayakan karena penjagaan yang bukan sesak rumit dibandingkan dengan budidaya tanaman yang lainnya. Budidaya tanaman pakcoy boleh dilakukan sendiri maka itu umum dengan menggunakan ki alat tanam internal polybag atau secara hidroponik. Media tanam dapat dibuat berasal sintesis tanah dan pupuk hijau dari sempuras limbah, dan bisa dilakukan memperalat sistem hidroponik dengan media tanam berupa cocopeat.

Secara morfologi, perkakas-organ penting yang terdapat sreg tanaman pakcoy yakni bak berikut:


3.4.1 Akar


            Pakcoy memiliki akar tunggang dan cabang-cabang akar yang bentuknya bulat tinggi (slindris) menyebar ke semua sebelah pada kedalaman antara 30-40 cm. Akar berfungsi cak bagi menghisap air dan zat-gizi bersumber internal petak serta menguatkan berdirinya mayat.



3.4.2 Batang






Batang atau caulis pakcoy ringkas dan berbuku-buku, batang ini memiliki peran andai penopang dan menyangga berdirinya daun pakcoy diatasnya. Sedangkan tangkainya memiliki bentuk penyok.


3.4.3 Biji kemaluan

            Pohon ini mempunyai buah dengan bentuk melingkar, memiliki rona keputihan hingga kehijauan, dan dalam suatu biji pelir n kepunyaan 2-8 nilai. Nilai berbentuk bulat dan kecil berwarna coklat hingga kehitaman, memiliki permukaaan licin, mengkilap, gentur, dan juga cacat beringus.


3.4.4 Bunga





Anak uang tanaman pakcoy memiliki bentuk mundur dan memiliki banyak cabang. Tanaman pakcoy punya rente dari empat kelopak daun, empat mahkota bunga yang mempunyai dandan kuning pucat, empat helai utas sari dan satu biji kemaluan pentil yang berongga dua. Sedangkan privat proses penyerbukan tumbuhan ini dilakukan secara alami dengan bantuan angin dan binatang mungil sekitar.


3.4.5 Daun






Tanaman pakcoy ini memiliki daun yang berjupang, daun berbentuk agak oval berwarna plonco tua dan mengkilap, enggak membuat kepala, tumbuh kira takut atau sekeping mendatar.


3.5.



     Syarat Tumbuh Pohon Sawi sendok maupun Pakcoy

Berikut adalah syarat tumbuh Tanaman Pakcoy:


3.5.1.



Iklim dan Ketinggian Palagan






 Tanaman pakcoy tumbuh didaerah nan memiliki keluhuran 5 m-1.200 mdpl. Namun bisa juga dibudidayakan puas daerah yang mempunyai kebesaran 100 m-500 mdpl. Tanaman pakcoy dapat tumbuh ditempat yang mempunyai suhu rendah dan tangga sehingga dapat diusahakan didataran rendah juga dataran hierarki, hanya pada kenyataannya hasil yang diperoleh lebih baik didataran tinggi. Takdirnya dibudidayakan didataran tinggi galibnya akan cepat berasal, karena dalam pertumbuhannya membutuhkan master yang sejuk dan lembab. Akan tetapi, tanaman ini pun tidak baik pada air yang menggenang. Dengan demikian, pohon pakcoy cocok bila ditanam diakhir hari penghujan.


3.5.2.






Sarana Tanam

Jenis media tanam yang digunakan lampau berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Karakteristik media tanam yang baik adalah membuat unsur hara tetap tersedia dan kelembapan terjamin. Ki alat yang digunakan harus bisa menyediakan air, zat hara, dan oksigen serta tidak mengandung zat racun bagi tanaman. Sedangkan bahan tanam yang demap digunakan kerjakan pohon pakcoy hidroponik merupakan cocopeat dan rockwool. Cocopeat merupakan sabut kerambil nan diselesaikan menjadi butiran-butiran halus. cocopeat menyimpan ki gua garba air dan unsur ilmu pisah rabuk yang bisa menetralkan keasaman persil. Sebab sifat tersebut, cocopeat bisa digunakan sebagai sarana yang baik buat pertumbuhan pokok kayu hortikultura dan media tanam hidroponik. Rockwool yakni alamat tanam anorganik nan dibuat dengan prinsip meniupkan awan kedalam batuan yang dilelehkan. Rockwool punya kemampuan menahan air dan udara n domestik jumlah yang banyak serta baik cak bagi kondusif jalan akar pohon.


3.5.3 Intensitas Cerah





Faktor kilauan juga adv amat berperan dalam pertumbuhan tanaman pakcoy, karena makin banyak cahaya maka semakin mudah pokok kayu berfotosintesis.


3.5.4. Penyinaran





Cahaya rawi adalah energi yang di perlukan pohon n domestik mengamalkan pernapasan. Energi kinetik matahari yang diperlukan untuk pertumbuhan dan produksi berkisar antara 350 cal/cm2–400 cal/cm2
setiap masa. Maka mulai sejak itu dinyatakan bahwa tumbuhan pakcoy lakukan mendapatkan intensitas terang matahari yang pas memerlukan panjang penyorotan matahari (fotoperiodisitas) 12–16 jam setiap hari.


3.5.


5


.



Waktu





Periode menyelamatkan nan baik adalah pada penghabisan hari hujan abu (bulan Maret atau April), tetapi dapat juga ditanam lega musim kering asalkan pemberian airnya cukup.


3.5.6.



Tanah





Tanah nan sekata bagi di tanami pakcoy adalah persil bergembut-gembut, banyak mengandung humus, berada, serta pembuangan airnya baik. Derajat keasaman (pH) tanah nan optimum kerjakan pertumbuhannya adalah antara  pH  6-7.


3.5.7 Curah Hujan





Tanaman pakcoy dapat ditanam sepanjang waktu atausepanjang musim. Curah hujan abu yang memadai sepanjang tahun boleh kondusif kelangsungan roh karena ketersedian air lahan nan cukup. Siram hujan abu yang sesuai untuk tanaman pakcoy seputar 1500 mm/thn.


Gerbang IV


HASIL DAN PEMBAHASAN


4.1  Teknik Budidaya Sistem Hidroponik





Hidroponik merupakan salah satu pendirian bertanam menggunakan media air, tidak menggunakan kapling. Hidroponik tidak memerlukan pemakaian herbisida dan perstisida dalam perawatannya sehingga bertambah palamarta lingkungan dan komoditi nan dihasilkan pun akan makin sehat. Bertanam hidroponik bertambah mudah dan ringkas dalam budidayanya serta boleh menjaga kualitas sayur dan buah.


                                                                 Seyogiannya Bermanfaat 😼😼

Source: https://alyaalimah.blogspot.com/2018/01/makalah-laporan-budidaya-tanaman.html

Posted by: holymayhem.com