Makalah Budidaya Tanaman Sayuran Daun Secara Aeroponik

Sumber Gambar : srono

Semakin berkurangnya lahan subur dan produktif dan belum optimalnya pemanfaatan pekarangan dilingkungan masyarakat menyorong suatu solusi agar permasalahan itu terpecahkan. Konsep Apartemen Rimba Lestari (KRPL) ,karang kitri dan urban farming atau pertanian perkotaan  saat ini menjadi riuk satu alternati dan pun program pemerintah.

Pemanfaatan halaman buat budidaya sayuran terutama sayuran patera sangat signifikan bagi masyarakat,karena sayuran daun sudah menjadi kebutuhan terdepan masyarakat dalam konsumsi sehari-hari. Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa saat ini banyak sayur-sayuran daun kurang bugar nan beredar di dipasaran, hal ini dikarenakan sistem budidaya yang minus tepat dan penggunaan racun hama berlebih internal perawatannya. Optimalisasi pekarangan dengan budidaya sayuran hidroponik  adalah solusi yag efektif untuk tanggulang permasalahan – permasalahan yang ada di lapang.

Budidaya sayuran daun secara hidroponik punya banyak keuntungan diantaranya adalah tingkat keberhasilan pokok kayu lakukan merecup dan berproduksi akan lebih terjamin, perawatan lebih mudah dan terkontrol,hasil yang diperoleh lebih tahir,hygienis dan cegak karena objektif berpunca pestsida. Keutungan mulai sejak segi ekonomi dapat mendukung pertambahan pendapatan keluarga dan meningkakan pemenuhan skor gizi anak bini dan masyarakat, selain itu bersumber segi mileu hidup social masyarakat bisa memberikan keindahan,kerindangan dan kebugaran sehingga dapat dimanfaatkan untuk rekreasi tanggungan. Metode hidroponik ada berbagai variasi mulai berpangkal sistem NFT,DFT, aeroponik, metode substrat,floating raff dan aquaponik. Peranti yang diperlukan cak bagi hidroponik system wick sebagai sistrem nan dianggap paling sederhana  antara lain adalah sebagai air, net pot,tali api, perabot suntik, talam semai,tusuk gigi.,piring kecil dan keranjang panen. Target nan perlu dipersiapkan antara lain pupuk AB mix, benih dan rockwool. Cara budidaya system hidroponik dimulai terbit persemaian, pindah tanam, fertilisasi ,pemeliharaan, panen dan pasca panen.

Dengan adanya penyuluhan tentang introduksi system budidaya secara hidroponik diharapkan akan tumbuh minat pada anggota kerumunan tani, kelompok wanita berbendang dan anggota PKK lakukan memanfaatkan pekarangan mereka bakal budidaya pokok kayu sayuran  daun  dengan  sistem hidroponik.

au : Feby Cahayaningrum, S.Kh (Penyuluh Pertanaman BPP Srono)

ed : Anisaul Azizah S., S.P (P4 BPP Srono)

Source: http://cybex.pertanian.go.id/artikel/92104/budidaya-sayuran-sistem-hidroponik/

Posted by: holymayhem.com