Luas Tanam Sayuran Kab Dairi

Kabupaten Dairi secara geografis terletak diantara 98 0 00′-98 0 30’3T dan 2 0 -3 0 00′ LU. Kabupaten Dairi secara administratif terdiri dari 13 kecamatandengan 124 desa dan 7 kelurahan.

Luas wilayah Kabupaten Dairi adalah 1.927,8 Km 2 , dengan jumlah penduduk 272.388 jiwa.  Kabupaten Dairi mempunyai sarana dan prasarana antara lain transportasi darat, tenaga listrik, telekomunikasi dan air kalis.

POTENSI SUMBERDAYA KOMODITI

Dari bermacam rupa pengkajian serta searah dengan ketatanegaraan pembangunan distrik, sektor-sektor yang berpotensi kerjakan dikembangkan dikabupaten Dairi merupakan sektor industri, pertanian, dan wisata.

Kopi


Areal produksi kopi robusta dan arabica terbesar di 13 Kecamatan di Kabupaten Dairi. Luas pertanaman arsip robusta merupakan 14.117 Ha dengan produksi 6.770,33 ton/tahun sedangkan pertanaman kopi arabica seluas 5.771,5 Ha dengan produksi 2.639,05 ton/perian.

Milu


Potensi pengembangan tanaman milu di Kabupaten Dairi ialah pada lahan kering ( tegalan dan huma ) yang seciat ini luas 61.738 Ha. Saja luas pertamanan jagung puas perian 2000 ini yunior mencapai 38.883 Ha atau sekitar 63 % dari tanah cengkar yang ada.

Ubi belanda


Kabupaten Dairi memiliki daratan hierarki nan potensial cak bagi pengusaha tanaman ubi belanda. Luas pertanaman kentang terbit periode ketahun terus meningkat, demikian pula produksinya.

Produksi sayuran


Produksi sayuran di Kabupaten Dairi yang cukup menonjol adalah cili dan kubis. Kedua komoditi tersebut diusahakan sepan luas dengan harga nan berfluktuasi.

Nilam


Nilam yaitu tanaman penghasil patra atsiri (Pachouli oil) sebagai bahan pemandu parfum. Pohon ini telah banyak diusahakan di wilayah ini oleh rakyat.

D. KOMODITI UNGGULAN

Berusul analisis potensi dan membidas hak istimewa pembangunan daerah Kabupaten Dairi, maka komoditi primadona yang akan dijadikan profil komoditi ialah :

  • Pertanian kopi Robusta
  • Pengolahan Kopi
  • Produksi Kentang
  • Produksi Jagung
  • Pariwisata alam Silalahi

Parasan Kampanye UNGGULAN LAYAKL DIKEMBANGKAN

1. Persawahan dan Perebusan Kopi


Kabupaten Dairi tenar dengan penggarapan kopi rubosta dan arabica. Potensi produksi dokumen dan pengolahan tindasan cukup memadai bikin dikembangkan mengingat luas tanaman dan produksi kopi cukup tersedia dan manuskrip merupakan komoditi idiosinkratis domestik dan merupakan komoditi primadona daerah Dairi. Penyerantaan tanaman arsip di Kabupaten Dairi dempang di seluruh Kecamatan.

2. Produksi Jagung


Pertanian tanaman jagung masih daapat dikembangkan dan menjadi usaha unggulan di kabupaten Dairi mengaram dengan luas wilayah dan tanah nan tersedia serta didukung oleh iklim dan persil yang mampu serta masyarakat nan senang bertanam jagung. Cerminan sementara bahwa produksi jagung di provinsi Kabupaten Dairi hampir setiap tahunnya mengalami peningkatan.

3. Potensi Pariwisata


Kabupaten Dairi mempunyai potensi wisata yang dapat dikembangkan. Riuk suatu wisata tersebut adalah wisata alam Silalahi. Biarpun sebatas ketika ini masih kalah populer dengan beberapa bahan pariwisata enggak disumatera utara seperti haud tabo dan Wisata Kelautan Pulau Nias. Dalam program pembangunan daerah, Perintah kabupaten Dairi memprogramkan kenaikan kunjungan wisata dengan pengembangan sasaran-objek tamasya baru, seperti Taman Wisata Iman meningkatankan sarana prasaranapariwisata, menjadi serif dan budaya sebagai bagian terbit kepariwisataan dan mearik investor pelancongan. Untuk itu pemerintah daerah akan terus melakukan promosi, penyuluhan bangun wisata, perbaikan saran-perasarana dan melaksanakan event wisata. Bagi itu diperlukan inventasi nan cukup besar n domestik pengembangan wisata, membangun incaran-target wisata serta sarana prasarana pendukung sama dengan hotel, kafetaria dan wahana hiburan.

Source: https://bisnisukm.com/potensi-komoditi-kabupaten-dairi.html

Posted by: holymayhem.com