Langkah Jitu Memulai Bisnis Dari Nol Bambang Suharno 2008

Apakah kamu mengenal Steve Jobs, Susi Pudjiastuti, dan Jack Ma? Mereka merupakan sosok inspiratif intern membangun dagang dari nol. Bagaimanakah kisah sukses mereka? Firma-perusahaan lautan yang kini telah berjaya pastinya dimulai berpokok titik bawah. Mereka enggak muncul secara ajaib dan menjadi besar begitu doang minus diawali dengan tahapan perintis (start up).

Dibalik berdirinya perusahaan-perusahaan besar tersebut, tentu suka-suka orang-sosok pemanufaktur yang sukses mengangkut bisnis perusahaannya luncur dengan progresif. Berikut ini akan kami sajikan sederet narasi pengusaha nan sukses membangun bisnisnya dimulai dari nihil.

1. Steve Jobs – Apple


steve jobs kisah pengusaha sukses
Komputer jinjing pertama Apple dirilis plong bulan April 1976 dengan harga USD 666,66. Perushaan bernama Apple Inc tersebut didirikan oleh dua manusia ahli IT, yaitu Steve Jobs dan Steve Wozniak. Setelah firma ini sempat terseok-seok di era tahun 80an, kemudian masa 2007 menjadi periode revolusi buat Apple, dimana iPhone pertama diluncurkan yang mengubah dunia smartphone.

Sepanjang peluncuran, Steve Jobs mengatakan bahwa jika iPhone menguasai 1% saja berbunga pasar, itu sudah layak. Tentu tetapi dia tak akan berhenti di tasik. Membujur kerja kerasnya, almarhumah Steve Jobs berhasil membawa Apple menjadi salah satu perusahaan besar perbandingan jagat rat. Saat ini, iPhone menguasai 15% pangsa pasar smartphone di manjapada.

2. Susi Pudjiastuti – Menggandar Perikanan


susi pudjiastuti kisah pengusaha sukses indonesia
Mana tahu yang tidak kenal dengan manusia sri kandi Indonesia ini? Perawan kelahiran perian 1965 yang sekarang menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan RI di bawah Presiden Jokowi ini ialah seorang entrepreneur yang terkenal tegas dan pantang menyerah. Ia merintis bisnisnya di bidang perikanan dan kemudian berekspansi ke sektor perseroan penerbangan dari nol.

Setelah memilih untuk berhenti sekolah sebelum lulus SMA, ia memulai usahanya sebagai pedagang pakaian dan bed cover. Setelah meluluk potensi wilayah tempat tinggalnya, Pangandaran, sebagai penghasil iwak, Susi Pudjiastuti kemudian memanfaatkan prospek itu sebagai ladang bisnis yang menjanjikan. Beliau kemudian beralih ke bisnis perikanan. Berawal semenjak jumlah modal yang tetapi Rp750 ribu hasil dari menjual perhiasannya, ia menginjak membeli ikan berasal kancah pelelangan dan memasarkannya ke sejumlah rumah makan.

Setelah tahu tersendat, memikul Susi balasannya berhasil menguasai bursa pelelangan lauk di Pangandaran dan bahkan kemudian merambah ke ekspor ikan dan lobster. Lebih jauh ia merambah menggalas sindikat penerbangan yang dilatarbelakangi dari kebutuhan membahu perikanannya. Bakal menyelesaikan masalah pengiriman ikan nan lambat apabila lalu darat atau laut, Susi membeli sebuah pesawat berbunga pinjaman bank lakukan pengangkutan produk lautnya, yang kemudian berkembang menjadi armada maskapai penerbangan Susi Air yang melayani rute pedalaman dan carter.

3. Harry, Albert, Sam dan Jack Warner – Warner Keronsang


warner bross
Kisah pengusaha sukses berikutnya yakni keropok basyar warga Amerika Serikat. Plong tahun 1918, empat khalayak Amerika yang menyukai bioskop memutuskan membangun bisnis industri hiburan. Mereka yaitu bersanak suami-laki bernama Harry, Albert, Sam dan Jack Warner. Inilah orang-orang yang mendirikan Warner Keronsang.

Harry dan Albert mengurus masalah keuangan, sementara Sam dan Jack menangani pembuatan film. Sanggar ini adalah yang pertama menghasilkan film musikal pertama (The Jazz SInger, 1927), gambar hidup genre horor pertama (The Terror, 1928) dan film warna pertama (On with the Show!, waktu 1929). Perusahaan terus berkembang dan menghasilkan ribuan judul bioskop yang disukai para pecinta layar rata gigi dan layar gelas.

4. Ingvar Kamprad – IKEA


ingvard kamprad pengusaha sukses
Turunan pria radiks Swedia ini kombinasi menjual kartu Natal, jamur, dan berry di vitalitas anak-anak. Puas usia 17 hari, pebisnis yang bernama Ingvar Kamprad ini telah berhasil mendirikan IKEA. Nama IKEA berasal dari kata-introduksi purwa nama diri, huma dan nama kampungnya. IKEA, dia telah berakibat merevolusi dunia ekspor impor merambang. Kamu beruntung ide untuk menjual barang dagangan secara terpisah.

Anda kemudian meluaskan ide tersebut, dengan menggunakan puzzle sebagai komplet. Pelanggan didorong kerjakan memasang bukan hanya dagangan furnitur yang dijual hanya, tapi lagi kondominium mereka dengan produk IKEA, menciptakan jutaan wasilah rumah dan furnitur nan menarik. Sekarang, IKEA n kepunyaan rapat persaudaraan 400 gerai gudang di seluruh dunia. Bukan hanya gudang, tapi juga taman hiburan.

5. Travis Kalanick dan Garrett Camp – Buru


uber
Pada masa 2008, dua programer sukses bernama Travis Kalanick dan Garrett Camp pergi ke sebuah konferensi di Paris dan mereka merasa sangat sukar mendapatkan taksi di sana. Kebobrokan ini karuan mewujudkan orang berpikir.
Dan mereka menemukan jari-jari bisnis dari kendala tersebut. Tahun berikutnya, UberCap diluncurkan di San Francisco. Banyak selebritis begitu juga Ashton Kutcher, Edward Norton dan Jay-Z telah menunggangi layanan ini, sehingga menjadi marketing gratis untuk firma ini. Kini, Uber yakni fasilitator layanan taksi nomor satu di mayapada. Uber telah memperluas operasi online ke berbagai layanan, termasuk UberEats.

6. Chad Hurley, Steve Chen dan Jawed Karim – YouTube


pendiri youtube
Kisah pengusaha sukses berikutnya yaitu trio pria pendiri situs berbagai video, Youtube. Chad Hurley, Steve Chen dan Jawed Karim sudah lalu merenda pertemanan sejak hari 2005 ketika mereka bekerja di Paypal. Satu malam, Chad dan Steve mengadakan pesta di mana Jawed tidak boleh hadir. Dan untuk berbagi video pesta dengan Jawed sangat runyam dilakukan. Sejak saat itu, muncullah ide untuk membuat menciptakan platfom berbagi video yang kita kenal Youtube.

7. Michele Ferrero – Kinder Surprise


michelo ferrero
Kisah pemanufaktur sukses seterusnya dimulai lega waktu 1940. Pietro Ferrero mulai membuat permen di toko roti kecilnya sreg era tersebut. Melalui berbagai eksperimennya, sira sukses membuat komoditas hingga menjadi terkenal di Italia dan kemudian di seluruh marcapada. 25 tahun kemudian, bisnisnya diambil alih oleh saudaranya, lalu keponakannya, Michele Ferrero.

Michele yakni orang nan bertanggung jawab untuk menciptakan Surprise Kinder, terinspirasi oleh tali peranti Paskah di Italia, buat membuat permen manis di dalamnya. Penjualan permulaan Michele terlampau intern waktu suatu jam. Saat ini, firma Ferrero diambil alih dan dilanjutkan oleh anak-momongan Michele, yang bernama Pietro dan Giovanni. Bilang produk manisan yang terkenal dan digemari adalah Nutella dan Ferrero Rocher.

8. Jack Ma – Alibaba Ecommerce


jack ma miliarder cina
Jack Ma merupakan suatu diantara transendental manusia-individu yang kumat pecah kefakiran dan berevolusi menjadi sosok basyar nan kaya raya. Aset kekayaanya memangkalkan beliau misal pelecok suatu miliarder kelas bawah dunia. Jack Ma adalah pembina dan Ketua Manajerial Alibaba Group. Dimulai terbit minatnya terhadap bahasa Inggris yang mendorong dia bergaul dengan manusia asing detik berada di Cina. Setelah berkali-bisa jadi mengalami kegagalan dalam berbagai macam bidang pekerjaan, ia tunak berusaha gentur dan akhirnya mampu mencari kisi niaga yang potensial.

Penggunaan internet dalam dunia pemasaran nan masih minim di China dimanfaatkan oleh Jack Ma untuk membangun toko online terbesar, bahkan masa ini firma Alibaba telah mempunyai 529 juta pengguna aktif di seluruh dunia. Alibaba beroperasi di 200 negara dan ialah perusahaan ritel terbesar di dunia, mengecundang Walmart. Baca kisah lengkapnya di link ini:
Kisah Kancing Kesuksesan Bisnis Jack Ma

9. Ole Kirk Christiansen – Menjual


pengusaha mainan lego
Plong tahun 1932, seorang tukang kayu Denmark bernama Ole Kirk Christiansen telah bangkrut, kemudian menjadi duda, dan harus menghidupi keempat momongan-ananya. Untuk memastikan momongan-anaknya tidak terus sagu betawi n domestik patos, Ole mulai memproduksi mainan bakal anak-anaknya. Belakangan, ciptaannya diketahui umum dan terlampau diminati dan dia menginjak menjual mainan tersebut.

Dia menamai mainannya Lego, yang diambil berbunga prolog Denmark “Godt Leg” yang berarti bermain dengan gembira. Dia kemudian membuka toko kecil, tinggal akhirnya mencapai kesuksesan di seluruh dunia plong tahun 1954 karena tingginya permintaan. Momen ini, jika berbicara mengenai mainan anak-anak, maka keseleo suatu tera nan populer ialah LEGO. Kisah Ole dan bagaimana dia berakibat menghasilkan keunggulan-merek populer di seluruh dunia lagi diadaptasi dalam sebuah animasi bernama The Cak memindahtangankan Story.

10. Phil Knight – Nike


pendiri niki pengusaha sepatu olahraga
Kehilangan sepatu kets di toko AS menyebabkan koteng pelari bernama Phil Knight memesan sepatu di Asia dan menjualnya di AS. Pada masa 1965, dia menamai perusahaannya Nike (atas nama Victory Goddess) dan memulai produksi koteng. Nike kemudian memegang 50% pasar sepatu di AS. Plong waktu 1984, Nike Air Jordan diciptakan khusus bagi Michael Jordan ketika saat beliau belum terkenal. Pemain bola keranjang ini akan membayar denda sebesar USD $ 5000 jika tidak memakai sepatu tersebut ketika pertandingan. Ini sebagai ki akal pemasaran untuk menarik perhatian. Ternyata taktik ini layak berdampak, dan itu dikenal sebagai live advertising. Saat ini, Nike ialah firma nomor suatu di industri kendaraan gerak badan.

11. Walt Disney – Sinema Animasi


pendiri walt disney
Bermula sebagai anak desa yang hanya ahli melukis kartun pada mainan kuda-kudaan karena hobi, Walt Disney mulai mencari kerja ibarat kartunis buat surat mualamat saat beranjak dewasa. Setelah mengalami kemusykilan, dia balasannya berhasil mendapatkan palagan di agensi dan menjadi ilustrator untuk iklan. Pada saat bersamaan, ketertarikannya pada animasi mulai tumbuh. Karakter ilustrasi pertamanya yaitu Oswald the Lucky Rabbit tapi kepemilikan properti sebaik-baiknya dimiliki oleh Menyeluruh Pictures karena beliau terikat kontrak laksana pegawai Universal Pictures.

Saat Walt Disney mengakhirkan meninggalkan Universal Pictures karena adanya ki pemotongan gaji, anda menyadari bahwa Oswald the Lucky Rabbit membutuhkan pemindah dalam karirnya dan itu merupakan noktah semula terciptanya Mickey Mouse. Anda kemudian mengimbit ke Hollywood dan memulai Disney Brothers Sanggar bersama saudaranya Roy. Walt Disney kemudian menjadi lebih bahaduri setelah sukses dengan karakter pertamanya, Mickey Mouse tiba berbintang terang gelanggang dan diterima oleh mahajana.

Anda memulai bioskop kartunnya sendiri sama dengan Snow White dan Seven Dwarfs (1937), Pinocchio (1940), Bambi (1942), Cinderella (1950), Mary Poppins (1964) dan banyak lagi. Ternyata film-film ini, dengan terobosan dalam hal kartun, dipedulikan dengan baik. Sejalan dengan itu, karya-karyanya mulai menyepakati Academy Awards. Lamun ia cukup sukses dengan studio animasi, Walt Disney masih belum puas karena kamu menanti untuk berekspansi taman berperan yang unik dan berbagi mimpi ini dengan rekan-rekannya. Walt Disney waktu ini yakni salah seorang maestro di dalam mayapada seni dan hiburan, pendiri pabrik animasi, berbekal semangat yang tidak pernah luntur dan komitmen terhadap impiannya.

12. Elon Musk – Entrepreneur Teknologi


elon musk
Mungkin ini keseleo satu kisahan pemanufaktur abad ke-21 yang tidak dapat kita abaikan. Elon Musk di masa kanak-kanak dikatakan anak adam yang sangat pendiam sehingga keluarganya mengira dirinya tuli. Lega usia 10 masa, dia harus menghadapi kegalauan dan kesedihan karena perceraian ibu dan bapaknya. Elon Musk dipaksa habis dengan ayahnya, yang dikenal ibarat orang yang sangat tegas dan mewujudkan Elon merasa hidupnya penuh dengan penderitaan. Namun hal itulah yang membuatnya menjadi kuat dan berkembang. Elon juga pelalah menjadi bulan-bulanan intimidasi maka itu momongan-anak lain di sekolah.

Sejak masih kehidupan belia, ia sudah lalu menunjukkan ketertarikannya pada konsep fisika dan teknologi. Anda telah membentuk video game dan cak memindahtangankan properti cipta ke majalah PC dan Office Technology kendati belum selesai sekolah. Minat privat bidang fisika dan teknik berlangsung supaya belum menyelesaikan studi PhD-nya. Elon menginjakkan kaki di dunia wirausaha bersama saudaranya dengan memulai Zip2, sebuah platform media ibarat panduan perantara saat itu.

Dia kemudian menjual saham di perusahaannya pasca- beberapa konflik dalam, kemudian memulai beberapa proyek tak nan selama ini telah mengubah banyak struktur sosial dan ekonomi. Beberapa order yang terkait dengan kemampuannya meliputi Paypal, SpaceX dan Tesla Motors. Keterlibatan dan upayanya telah membawa banyak revolusi di industri ini dan meningkatkan kualitas semangat banyak cucu adam. Nilai bersih kekayaannya mencapai 12,7 Miliar USD.

13. J.K Rowling – Penulis


jk rowling penulis buku
Nama yang telah lain asing pula bagi para penikmat cerita fiksi. JK Rowling sesungguhnya merupakan pelecok satu pengusaha yang membuat narasi sukses dan peralihan 360 derajat dalam kehidupannya. Inspirasi menghasilkan karya besarnya yang berjudul Harry Porter, muncul setelah melangkahi fase spirit yang munjung kedukaan dan kemiskinan. Semasa waktu 7 tahun JK Rowling menyelesaikan bukunya, dia umur dengan kemiskinan, diawali dengan kematian ibunya, kelahiran anak pertamanya, tinggal perceraian hingga kesudahannya datang masa kemajuan.

Setelah menyelesaikan enam sekuel kisah Harry Porter, JK Rowling berangkat menulis lebih banyak novel untuk konsumsi orang dewasa. Setelah melintasi kisah pedih, masa ini ia menjadi pelecok satu “Wanita Minimum Berpengaruh di Inggris” dan sebagai riuk satu kisah wiraswasta nan inspiratif. Sira berhasil memungkiri atma dengan penuh kegigihan dan kesabaran selama bertahun-perian. JK Rowling masa ini masuk di internal daftar miliarder Inggris.

14. Bill Gates – Microsoft


bill gates orang terkaya di dunia
Beliau adalah salah satu pengusaha minimal naik daun di zaman ini. Sosok orang terkaya di dunia nan punya nilai gana lebih berpunca 79 miliar USD. Bill Gates telah terdaftar laksana laki-laki terkaya di mayapada selama 16 tahun bersumber 21 hari yang lalu. Dia adalah pembina salah satu perusahaan perangkat lunak terbesar di manjapada, Microsoft, dia pun riuk satu individu yang sudah membawa perubahan besar pada teknologi dan pabrik komputer.

Bill Gates sudah menunjukkan ketertarikannya pada pemrograman komputer di usia remaja di mana engkau menunggangi waktu munjung buat membuat peranti kepala dingin komputer berasal unit sumbangan di sekolahnya. Kamu kemudian menemukan Microsoft dan membangun sistem propaganda Windows yang sangat terkenal.

Seperti wirausahawan lainnya, ia juga dikenal sebagai individu yang sangat dermawan dan banyak menerimakan kontributor moneter. Bill Gates menyumbang beberapa rajah kebajikan buat membantu mengurangi kemiskinan, membantu meningkatkan kualitas pemeriksaan kebugaran, serta standar akademis.

15 Oprah Winfrey – Entertainer


oprah winfrey pengusaha wanita sukses
Rasanya, Oprah Winfrey yaitu keseleo satu cerita pengusaha sukses yang hidupnya penuh dengan tantangan dan duri yang akhirnya mengubahnya menjadi salah satu basyar terkaya dan paling berpengaruh di manjapada. Dia tumbuh internal situasi yang sulit. Anak terbit orang renta yang belum menikah, kemudian berkarya bagaikan buruh. Dia merecup dalam keadaan miskin. Keluarganya sangat miskin sampai waktu sekolahnya, Oprah sering diejek karena kemejanya terbuat berpunca guni ubi kayu. Dia kembali menjadi sasaran pelecehan seksual nan dia bakal di acara TVnya.

Semuanya berubah detik anda mulai bekerja di salah satu radio tempatan yang menjujut perhatian manajer di radio tersebut untuk menggarangkan umur dan antusiasme para pendengar melalui tutur kata Oprah. Engkau kemudian mulai terjun ke pabrik penyiaran yang kemudian membantunya mendapatkan beberapa tempat di radio terkemuka hingga akhirnya muncul di layar TV dalam acara The Oprah Winfrey Show.

16. Andrew Carnegie – Pertambangan


pengusaha pertambangan
Karuan saja, detik kita mendengar logo Andrew Carnegie, kita akan bisa merasakan sketsa sejarah yang tingkatan. Meski sudah lama dan stempel ini mana tahu abnormal meruntun bagi generasi sekarang, sahaja sebenarnya, Andrew Carnegie adalah contoh dan paradigma yang sangat menggairahkan bagaikan entrepreneur. Dia memulai dengan atma nan sangat sulit. Di masa kecilnya ia telah bekerja di pabrik dan acap kali menguati dirinya untuk tidur lebih sediakala di malam perian hanya bagi menelantarkan rasa lapar.

Sejalan dengan peredaran musim, kamu memulai panjat karirnya saat ditugaskan buat menata dan bertanggung jawab atas Pennsylvania Railroad Company sebelum mendedahkan sejumlah perusahaannya sendiri. Perusahaan yang paling sukses adalah Carnegie Steel Mill. Selain termasuk sebagai salah satu manusia Amerika terkaya sepanjang masa, dia lagi dikenal karena kemurahan hatinya. Mengikuti keyakinannya, ‘the man who dies rich dies disgraced’, Carnegie menyedekahkan hampir 90 persen kekayaannya ke ki akal bantuan amal. Kamu juga dikenal ibarat penderma perpustakaan dan kajian ilmu di seantero Amerika.

17. Nadiem Makarim – GoJek


pendiri ojek online
Jika engkau pemakai jasa transportasi ojek online, maka anda pasti mengenal sosok dibalik perusahaan tersebut. Nadiem Makarim adalah seorang wirausaha sukses yang dulunya tidak betah kerja kantoran meski sudah lalu memperoleh gaji yang memadai di perusahaan tempatnya bekerja. Terinspirasi dari taksi online, Nadiem mencoba mendirikan Gojek yang awalnya hanyalah dari obrolanya dengan beberapa tukang ojek di Jakarta yang sebagian segara waktunya dihabiskan saja untuk menunggu penumpang di bom ojek. Seharusnya waktu pengojek lebih subur, ia menciptakan aplikasi Gojek nan bisa di akses oleh para calon penumpang ojek secara online. Akhirnya Gojek menjadi salah satu perusahaan berangkat up yang paling fenomenal di Indonesia, yang sudah diunduh lebih berpangkal 300.000 lebih pengguna smartphone.

18. Amancio Ortega – ZARA


amancio ortega
Pada masa 1975, sendiri darji Spanyol bernama Amancio Ortega berjalan dengan kekasihnya. Mereka bepergian melewati sebuah toko tempat Ortega melihat baju hujan mandi yang sangat indah. Namun, harganya bersisa mahal. Hal itu membuatnya berpikir dalam-dalam sejenak. Mungkin kamu bisa menciptakan menjadikan produk yang sama cantiknya namun dengan harga yang lebih terjangkau. Amancio Ortega kemudian membelakangkan untuk makin titik api membangun jual beli di bidang fashion dengan nama merek Zara. Sekarang, daya keberuntungan Zara terletak pada gaya terbaru dan menggunakan banyak data untuk memprediksi tren selanjutnya yang akan terkenal.

Peristiwa yang mengganjur merupakan terkait dengan skandal antara emir Spanyol Pangeran Juan Carlos I dan Hugo Chavez (lulusan politisi Venezuela) pada tahun 2007. Itu ternyata memiliki dampak riil puas bisnis Ortega. Zara sudah mencetak seputar satu juta T-shirt “Kenapa kamu tutup mulut saja?” kata-kata oleh Yang dipertuan Juan menimbangi Chavez. Detik ini, Amancio Ortega menjadi keseleo satu manusia yang tersurat kelompok miliarder dunia, dimana anda berada di peringkat 4 dalam daftar orang terkaya versi Forbes.

19. Mark Zuckerberg – Facebook


mark zuckerberg pendiri facebook
Mark Zuckerberg adalah pria 32 tahun yang menjadi orang dibalik kemenangan media sosial Facebook. Di dalam kamar tidurnya nan sempit, Mark punya cita-cita kerjakan mewujudkan aplikasi jejaring sosial yang bisa menjadi sarana penghubung maupun perkawanan bagi komunitas kelasnya. Bersama dengan tiga p versus sekelasnya, yaitu Dustin Moskovitz, Eduardo Saverin, dan Chris Hughes ketika menjadi mahasiswa di Universitas Harvard, Mark Zuckerberg berbuah menciptakan konsep medsos untuk anggota kelasnya.

Sehabis permintaan tersebut diperkenalkan, ternyata mendapat sambutan nan antusias dan semakin banyak saja manusia nan terkumpul di dalamnya. Aplikasi media sosial tersebut lama-kelamaan mutakadim memukat jamiah terdekat berpunca tempatnya kuliah, dan inilah tadinya berusul Facebook yang kita kenal saat ini. Pertumbuhan Facebook nan cepat takhlik mereka membelakangkan lakukan keluar dari tapang kuliah, dan fokus mengembangkan Facebook nan kini telah digunakan oleh bertambah dari 3 miliar bani adam di seluruh dunia.

20. Kevin Systrom – Instagram


pendiri pencipta instagram
Kevin Systrom sangat menyukai bidang fotografi dan tinggal terobsesi mendirikan perusahaan start up. Sehabis waktu ketiga di Stanford University, engkau pergi ke Florence, Italia untuk berlatih fotografi dan diberi Holga 1982 (tustel klasik). Pemotret gambar hidup ini mengambil bentuk persegi retro. Kesudahannya adv amat menggandeng tanpa mesti usaha ekstra maka itu fotografer.

Hal ini telah menjadi sumber inspirasi bagi Systrom untuk menciptakan platfom yang akan memberikan layanan buat menghasilkan karya seni fotografi cak agar dari kamera foto yang berkualitas rendah. Pada tanggal 6 Oktober 2010, Instagram diluncurkan di App Store, kemudian era fotografi smartphone dimulai. Puas tahun 2012, Instagram dibeli maka dari itu Facebook seharga USD $ 1 miliar. Detik ini, para pengguna Facebook semakin dimanjakan dengan terintegrasikannya Instagram.

Nah, demikianlah kisah-kisah pabrikan dan entrepreneur yang sukses membangun kerajaan bisnisnya dari level pangkal lalu menjadi besar berskala internasional.

Source: https://www.diedit.com/kisah-pengusaha-sukses/

Posted by: holymayhem.com