Kebutuhan Unsur Hara Tanaman Sayuran

Jumlah pecandu hidroponik belakangan ini semakin bertambah, dapat dilihat dari banyaknya siswa yang mengikuti pelatihan hidroponik bawah maupun merincis nutrisi hidroponik. Hidroponik sendiri disebut Kultur Nutrisi (Nutrient culture), yakni menumbuhkan pohon sonder lahan dengan larutan nutrisi yang terkontrol.

Marketing Manager PT Meroke Tetap Jaya, Catur Lentera Mirzada mengatakan hidroponik sepenuhnya mengandalkan gizi yang lengkap dari bahan-mangsa nutrisi yang disebut pupuk. Sedikitnya ada 12 unsur hara, terdiri berpokok elemen makro, ialah Nitrogen (N), Fosfat (P), Kalium (K), Kalsium (Ca), Magnesium (Mg), dan Sulfur (S) serta zarah mikro, yaitu Ferum (Fe), Boron (B), Seng (Zn), Mangan (Mn), Tembaga (Cu), dan Molibdenum (Mo).

“Selain cahaya surya, oksigen (O2), karbon dioksida (CO2), air (H2O), tanaman memerlukan nutrisi lengkap sedikitnya 12 macam. Dan, ada tiga unsur hara yang secara alami sangat rendah diperlukan dan menuju jarang diperhitungkan, karena cukup tersedia berasal air normal yg dipakai. Ataupun ada keperluan khusus bau kencur ditambahkan, seperti mana Natrium (Na), Klor (Cl), dan Silika (Si),” jelas Catur yang pada tahun 2018 menimba ilmu greenhouse dan hidroponik di universitas kenamaan di Belanda.

Intern berhidroponik, lanjur Catur, ada syarat utama untuk nutrisinya yaitu bahan pupuk harus larut sempurna, kemudian diatur banyaknya sendirisendiri atom hara. Tujuannya agar terciptanya perbandingan yang ideal sesuai dengan diversifikasi tanaman, umur, dan fase pertumbuhan tanaman yang dibudidayakan.

“Semakin baik kemurnian dan kelarutan bahan nutrisi atau pupuk yang diberikan, semakin baik tanaman memakannya,” ulas Catur yang kembali menjadi Manager Silangit Farm.

Untuk membuat gizi, Empat mengatakan cak semau 7 (tujuh) peristiwa nan harus dipertimbangkan:

1. Kesejatian bahan,

2. Kelarutan bahan,

3. Jenis bahan dan kompatibilitasnya,

4. Isi bahan,

5. Perimbangan hara,

6. Had toksisitas, dan

7. Total meq kation = meq anion (seimbang).

“Jangan memakai pupuk yang kualitas field grade (pupuk bakal tanah). Harus bisa bedakan: bisa sekedar tumbuh dan bisa bakal produksi optimal. Ambillah, buat pemula, hindarilah melembarkan bahan-bulan-bulanan organik sebab perlu prediksi nan makin mania. Dan, sampai saat ini saya belum dapat menghitungnya. Bagi nan bisa menghitungnya silahkan diskusikan dengan saya untuk saling sparing,” jelasnya.

Cak bagi menetapi kebutuhan nutrisi hidroponik ini, PT Meroke Konsisten Jaya menyediakan bahan lengkap dan punya kualitas pangkat. Alamat-bulan-bulanan ini sudah lalu terbukti dan kredibel.

Berikut pilihan bahan-bahan untuk zat makanan hidroponik:

Pilihan 3 bahan: MerokeCALNIT + MerokeMAG-S + MerokeFLEX-G

Pilihan 4 mangsa: MerokeCALNIT + MerokeMAG-S + MerokeFLEX-G + MerokeMAP

Saringan 5 alamat: MerokeCALNIT + MerokeMAG-S + MerokeFLEX-G + MerokeMAP + MerokeVITAFLEX

Pilihan 6 objek: MerokeCALNIT+ MerokeMAG-S + MerokeMAP + MerokeMKP + MerokeKALINITRA + MerokeVITAFLEX

Pilihan 7 bahan: MerokeCALNIT + MerokeMAG-S + MerokeMAP + MerokeMKP + MerokeKALINITRA + MerokeSOP + MerokeVITAFLEX

“Pilihan tunggal penambahan mikro lainnya seperti FeEDTA, FeEDDHA, CuEDTA, ZnEDTA, MnEDTA dgn logo MerokeMIKRO pula tersedia bila ingin aksi mikronya. Sehingga bisa membuat 12 dan 13 objek. Silahkan disesuaikan sekadar target ppm dan rasio yang ingin dibuat,” ucapnya.

Dengan kehadiran produk-produk tersebut, awam kini dapat berhidroponik dengan lebih mudah. Tentunya harus disesuaikan dengan jenis pokok kayu, fase pertumbuhan, air sahih, kebesaran lokasi tanam (di kewedanan ceduk tekor atau hierarki), dan sistem yang dipakai.

“Now Everyone Can Grow Hydroponics with Easy, Enjoy, Excellent and Earn”

Source: https://www.npkmutiara.com/post/hidroponik-dan-kebutuhan-nutrisinya

Posted by: holymayhem.com