Keadaan Pola Tanam Sayuran Diindonesia

4 CARA MENENTUKAN TANAM DI INDONESIA Yang PALING TEPAT


Admin distan |

31 Desember 2018 |

12887 kali


Suka-suka banyak faktor yang menentukan kesuksesan budidaya pokok kayu. Riuk satunya adalah akurasi dalam membaca musim dan semarak. Teradat kamu ketahui bahwa setiap tanaman sebenarnya memiliki musim dan panah cermin masing-masing. Ada pohon yang sepakat ditanam momen musim kemarau dan terserah pohon nan cocok ditanam di tahun hujan abu. Selain itu terserah juga beberapa pokok kayu yang sepakat ditanam di musim peralihan.

Untuk peladang Indonesia umumnya mereka sudh mengenal dengan baik hari tanam di daerahnya tiap-tiap. Tetapi bikin orang tani pemula yang belum plus berpengalaman tentunya mereka masih harus belajar mengkritik dan menghafal waktu tanam yang tepat. Riuk menentukan pokok kayu sreg suatu perian boleh berdampak fatal yaitu gagal panen.

Buat itulah kali ini kami berusaha mengulas lebih mendalam mengenai mandu menentukan tahun tanam di Indonesia untuk anda para pemula ataupun para petani lama yang ingin memperdalam wawasan anda. Kami senantiasa berbagi ilmu kepada anda bagi meningkatkan kualitas dan kedamaian hidup pekebun Indonesia.

1. Mengenal Musim di Indonesia

Kita semua sudah diajari sejak SD bahwa perian di Indonesia terbagi menjadi musim Hujan, musim Pancaroba (Pergantian) dan musim Kemarau. Kami akan paparkan satu saban suatu mudah-mudahan makin jelas.

Tahun Penghujan

Pada periode penghujan, angin dari raksasa Pasifik yang kaya akan uap air akan memasuki kewedanan indonesia. Kelembaban udara di sebagaian besar wilayah Indonesia akan tinggi sehingga mulailah jatuh hujan. Perian hujan di Indonesia terjadi antara rembulan September-Maret dimulai berpangkal wilayah bagian barat apalagi dahulu merupakan Sumatera pada akhir bulan September lalu menyusul ke Jawa dan Kalimantan sreg bulan November dan terus mengalir ke timur.
Musim Kemarau

Waktu kemarau ditandai dengan berhembusnya kilangangin kincir berpangkal jihat Segara Hindia (Erat Australia) nan miskin embun memasuki daerah Indonesia dengan membawa udara kering. Kapan itu kelembaban gegana dulu minim. Rerumputan meringkai. Namun bilamana kemarau guru udara akan terasa sangat adem di malam tahun. Musim kemarau di mulai bulan April – Agustus.
Musim Pancaroba (Peralihan)

Yang dimaksud yakni transisi dari kemarau ke musim hujan atau sebaliknya. Periode Pancaroba berlangsung singkat. Untuk Peralihan dari musim kemarau ke musim hujan terjadi di wulan September-November sedangkan untuk peralihn dari musim hujan ke masa kemarau terjadi di bulan Maret-Mei. Pada musim pancaroba terkadang masih turun hujan abu dengan keseriusan rendah hingga madya tersampir kondisi Lanina atau Elnino.
2. Pokok kayu untuk Tahun Penghujan

Lega perian penghujan ketersediaan air sangatlah melimpah. Daun tanaman menghijau dengan suburnya dikarenakan rezeki nitrogen bebas privat air hujan. Puas musim hujan ini disarankan untuk mengetanahkan berbagai macam pohon begitu juga sayuran dan buah-buahan. Belaka demikian juga harus hati-hati menyesuaikan ketinggian tanah dari satah air laut serta kesabaran tanaman tersebut.

Beliau harus senggang bahwa ki kesulitan tanaman di perian penghujan itu dempang semuanya disebabkan oleh kawul (serat) dan bakteri patogen. Sementara itu bidasan hama serangga seperti kutu daun tinggal minim sekali. Kelembaban gegana yag janjang disertai kadar nitrogen meluap menyebabkan jaur dan mikroba berkembang biak dengan pesat. Sedangkan telur kutu-kutuan akan gagal menetas pada kondisi lembab.

Daftar tanaman nan semupakat ditanam di perian hujan : Padi, Sawi hijau, Kubis, Causin, Bayam, Kecebong, Terong, Polong Panjang, Timun, Semangka, Melon dll. Sira kembali sebaiknya memperhitungkan bulan jatuhnya panen sepatutnya tepat waktu. Bakal pohon bertelur seyogiannya jangan penuaian di puncak waktu penghujan (Januari-Februari).

3. Pokok kayu Lakukan Hari Kemarau

Sedangkan tanaman bikin periode kemarau sebaiknya dipilih tumbuhan yang menetapkan biji zakar dan umbi bakal dipanen. Lega musim kering wereng tanaman bertambah intens sreg varietas serangga seperti kutu daun yang menularkan virus keriting dan bulai. Pada musim kering anda kembali harus comar mengamalkan pengairan.

Daftar tanaman yag seia ditanam ketika tuarang adalah: Jagung, Ubi, Ketela, Tomat, Ubi benggala, Kacang cina, Polong Baru, Labu, dll. Diversifikasi tanaman umbi-umbian justru menghasilkan kualitas pongkol nan baik apabila dipanen saat periode kemarau.

4. Tanaman Lakukan Musim Pancaroba (Peralihan)

Sebenarnya yang minimum dinanti petambak profesional justru justru perian Pancaroba. Karena plong musim pancaroba hampir setiap spesies pohon bisa dibudidayakan dengan normal. Populasi wereng dan masalah juga berada pada level menengah sehingga mudah diatasi. Walhasil panen di hari Pancaroba merupakan pengetaman yang ideal.

Daftar tanaman nan cocok ditanam di musim Pancaroba (Peralihan) sanagtah banyak, diantaranya umpama berikut: Padi, Cabe, Tomat, Terong, Timun, Mendikai, Melon, Umbi-umbian, sayur-sayuran dan jenis tanaman serealia kembali cocok ditanam di tahun pancaroba.

Yang paling dihafal peladang adalah tanaman cabe yang fenomenal karena harganya fluktuatif. Apabila tanamn cabe ditanam di tahun hujan abu maka buahnya akan tembelang maka itu penyakit patek (antraknosa). Sementara itu bila ditanam di musim kering maka daunnya akan berombak (puret) serta masak akibat serbuan tungau daun. Bintang sartan ia cocok ditanam di bulan Februari-Maret mudah-mudahan penuaian saat kemarau.

Itulah tadi penjelasan lakukan anda mengenai mandu menentukan perian tanam di Indonesia. Supaya ada bilang acuan namun kini sudah dikembangkan banyak jauhar unggul yang gemuk beradaptasi di musim tertentu sehingga pembajak bisa lebih berani menanam.

Kami berambisi anda boleh mengalkulasi dengan tepat masa tanam sehingga bisa didapat jalan pohon yang segar dan optimal dengan sedikit gangguan hama penyakit sehingga didapat hasil panen yang optimal.

Sumber : ilmubudidaya.com

Putu Budi Umarayasa, Staff Bidang Prasarana dan Media Persawahan

Source: https://distan.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/4-cara-menentukan-tanam-di-indonesia-yang-paling-tepat-78

Posted by: holymayhem.com