Kapan Penyulaman Harus Dilakukan Dalam Budidaya Tanaman Sayuran

Ilustrasi seseorang melakukan penyulaman tanaman. Penyulaman tanaman adalah kegiatan menukar tunas atau konsentrat pokok kayu. Foto: Pixabay


Penyulaman yaitu kegiatan mengganti bibit tanaman yang mati atau kurang baik


pertumbuhan

nya. Kegiatan tersebut namun dilakukan jika benih tumbuhan n kepunyaan perkembangan yang buruk.


Mengutip jurnal


Pemeliharaan Tegakan Hutan oleh Petani Wana Kemasyarakatan Beringin Jaya, Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindung (KPHL) Kota Agung Utara, Tanggamus


oleh Bayu Setiawan, waktu penyulaman dapat dilakukan di berbagai macam periode


pokok kayu

.


Para


peladang


biasa melakukan teknik penyulaman segera setelah mengerti suka-suka tanaman yang nyenyat. Teknik penyulaman yang diterapkan adalah dengan menyelamatkan bibit pada tempat tanaman sirep.


Bibit-bibit yang sudah senyap harus segera disulam dengan sperma baru. Tujuannya, mudahmudahan pertumbuhan pohon seragam. Seandainya bibit yang antap enggak segera dicabut dari persil, nilai tersebut akan menjadi mata air penyakit dan mengurangi daya produksi lahan.


Penyulaman tanaman silam utama dilakukan oleh petani supaya pemeliharaan atau penuaian boleh dilakukan secara serentak. Dengan begitu, kapling akan dapat ditanami dengan spesies pokok kayu lain.


Ada banyak penyebab bibit mati atau tak bertaruk dengan baik ketika sudah ditanam. Tenaga pegiat yang tidak terampil menjadi pemicu nan paling cak acap terjadi. Biasanya pekerja tidak hati-hati, sehingga mani yang berpasangan juga sirep saat ditanam.


Kemudian, sari yang ditanam lain menyatu dengan petak pula akan senyap atau tidak tumbuh dengan baik. Hal ini disebabkan adanya rongga yang mengandung


udara


panas dan membuat sistem akar tumbuhan mati.

Ilustrasi penyulaman tumbuhan. Foto: Pixabay


Ekstrak nan baru ditanam juga dapat mati akibat terserang bernga kapling, gangsir, dan komplikasi rebah kecambah. Jika sudah terserang binatang atau zat berbahaya, mani tidak akan tumbuh dengan baik dan berujung mati.


Selain itu, kodrat air tataran di kapling bedengan pula bisa menyebabkan sebuah biji antap. Faktor tingginya kadar air di dalam tanah membuat pertumbuhan biji kurang adaptif dan menyebabkan akarnya mudah busuk.


Untuk menghasilkan jauhar pemindah yang baik, penanam harus menyediakan stok benih yang sudah disemai terlebih sangat. Oleh karena itu, di sediakala kegiatan petani juga perlu menyiapkan cadangan ketika penyemaian.


Dengan seperti itu, pertumbuhan bibit nan baru disulam lain akan tertinggal jauh dengan pertumbuhan benih yang sudah lalu ada.


Manfaat Penyulaman


Berikut ini adalah manfaat penyulaman bakal tanaman:


  1. Melengkapi tanaman yang rusak atau mati dengan tanaman yang baru, sehingga tanaman akan panen n domestik waktu serentak.


  2. Mempertahankan total tanaman maupun kepejalan lahan.


  3. Mengganti tumbuhan yang tak cegak dan pertumbuhannya buruk.


  4. Mengganti tanaman yang buntung.


  5. Hasil panen juga akan kian bagus dan berkualitas jika diimbangi dengan pelestarian tanaman yang baik dan benar.

Source: https://kumparan.com/kabar-harian/kenali-pengertian-penyulaman-dan-manfaatnya-untuk-tanaman-1wlMETgauIU

Posted by: holymayhem.com