Jenis Tanaman Hias Gantung Dan Harganya

Pohon solek monstera semakin menanjak daun. Peristiwa tersebut mengakibatkan harga jualnya sekali lagi menjadi lebih mahal saat ini. Kendati demikian, para pencinta tanaman, lebih lagi pemula, patuh rela membayar mahal lakukan boleh punya tanaman monstera. Barang apa yang menjadi alasan monstera ini digemari banyak insan?

SALAH
satu alasannya yakni tumbuhan monstera memiliki keunikan dan keanggunan tersendiri pada daunnya. Karena itu, monstera kembali bisa dijadikan tanaman hias. Monstera lain kalam sinar mentari langsung untuk bisa hidup.

Susi Yanti Gucci, pengelola Elga Flora, mengatakan, monstera variegata yang minimal banyak digemari. Bahkan, jenis monstera itu terbilang tumbuhan hias nan paling mahal di sana. ’’Bergantung bentuk dan kelainan warna pada daunnya. Semakin besar, daunnya akan semakin bolong dan pecah,’’ paparnya. ’’Prosesnya alami ya. Ini yang membuat tanaman monstera sangat indah,’’ lanjutnya.

Tak hanya itu, monstera juga memiliki bau wangi yang tinggal singularis. Bau tersebut bisa menjadi pengharum ruangan yang mempersatukan. ”Khas sekali baunya, membantu menghilangkan bau tidak legit,” jelasnya.

Perawatannya pun tinggal mudah. Menurut Susi, monstera merupakan tanaman indoor nan tidak bisa secara serempak terkena sinar matahari. ”Maka, diletakkan di kolom yang tidak langsung terpapar pendar syamsu,” urainya.

Penyiraman cukup tiga hari sekali sehingga ruangan sekali lagi tidak becek karena air. ”Serabut tetapi diberikan enam bulan sekali. Itu adat saya. Sudah memadai itu,” jelasnya.

Ketika ditanya berapa harga monstera nan termahal, Susi mengatakan bahwa baru saja cak semau monstera miliknya yang berpindah tangan dengan harga Rp 250 juta. ”Monsteranya osean, saya punya fotonya,” terangnya.

Menurut beliau, monstera akan menjadi pohon yang terus bersitegang harganya karena keunikan patera dan keburukan genetika. ”Makin unik warnanya, makin jenjang harganya,” jelasnya.

Biar seperti itu, sebagai kolektor ia memprediksi plong 2023 ada beberapa tumbuhan nan ngetren. Salah satunya, pohon hias hoya. Pohon itu ngetren karena warnanya nan unik berbarengan bau wanginya. Serta, biasanya digunakan umpama tanaman gantung. ”Saya lagi kumpulkan koleksi hoya ini,” ujarnya.

Bertambah Polos Bertambah MAHAL: Beberapa jenis tanaman monstera variegata eigendom Susi Yanti. Tanaman itu banyak dibeli lantaran bentuk dan warna patera yang unik. (Ajaran DWI/JAWA POS)

Source: https://www.jawapos.com/hobi-kesenangan/21/11/2022/tanaman-monstera-yang-makin-ngehit-rekor-dijual-seharga-rp-250-juta/

Posted by: holymayhem.com