Jarak Tanam Daun Ubi Sayur

Ubi kayu atau kaspe bisa dimanfaatkan umbinya sebagai sumur karbohidrat seperti nasi atau daunnya bikin sayuran. Untuk menanam singkong yang diambil umbinya farik dengan nan diambil daunnya. Menanam ketela pohon kayu nan mau diambil umbinya harus memperhitungkan jarak yang cukup hendaknya umbi tidak saling bertumpuk, sementara untuk diambil daunnya boleh ditanam dengan rapat.

Kalau ada banyak batang ketela pohon maka tidak menjadi kelainan, tapi misalnya hanya ada rendah layon ubi kayu, maka perlu trik solo untuk memperbanyaknya. Dengan kebudayaan jaringan? Tidak. Itu terlalu susah dan mahal, cocoknya untuk skala industri.

Bagaimana cara melipatkan batang ubi kayu lakukan bibit?

Untuk mendapatkan bibit ketela pohon yang banyak berpangkal bahan yan sedikit adalah dengan membentuk potongan stek ringkas, antara 2 – 3 alat penglihatan tunas saban batang stek.

Untuk ketela pohon kayu konsumsi galibnya petambak memotong asa panjang, agar kunarpa tidak kering sebelum tumbuh. Untuk kaspe nan diambil daunnya, buat rincihan sumir, bakal batang sumber akar 3 alias 2 ruas saja, lalu tanam dengan ditidurkan/horisontal.

Memakamkan dengan cara ditidurkan/horisontal, maka masing-masing recup akan bertaruk menjadi pohon yunior. Satu mata tunas suatu tumbuhan. Untuk menanam ketela pohon sayur, tanam dengan jarak yang rapat, maka akan kita dapatkan tanaman ubi yang banyak buat diambil daunnya.

Memakamkan dengan jarak berdampingan juga bisa memuat banyak pohon, ini bisa dimanfaatkan sebagai kebun bibit. Bisa digunakan lagi misal kebun konsentrat untuk ketela puhon berjaya dengan bibit terbatas. Jika cak hendak mengetanahkan bagi areal lain, bisa menggunakan ekstrak pecah sini.

Pemangkasan
Agar pohon singkong menghasilkan banyak daun, lakukan pemangkasan rutin. Pucuk daun bisa dipanen seminggu sekali, makan berusul pucuk yang dipotong akan tumbuh silang-cagak baru, sehingga daun semakin banyak. Kita juga perlu mengamalkan pemangkasan dahan seyogiannya tumbuhan tidak terlalu tataran. Sisa pemangkasan dahan ini bisa kita tanam lagi di negeri enggak dengan jarak yang mepet. Maka tanaman singkong akan semakin banyak.

Pemupukan
Untuk tahap awal penghutanan beri pupuk kandang moga tanah menjadi berkemut-kemut. Untuk selanjutnya, kalau mesti kita bisa menambahkan pupuk dengan kadar Tepi langit yang lebih tinggi, misalnya Urea yang sekadar mengandung Kaki langit. Dengan unsur hara Lengkung langit yang cukup, maka pertumbuhan daun akan optimal, daun semakin tebal dan banyak.

Pemanenan
Lakukan pemanenan secara bergilir, misalnya sepekan sekali per episode, sehingga setiap ahad akan selalu ada pucuk ubi kayu yang dipanen. Dengan pemanenan bergilir pula bertambah menghemat tenaga, menjamin penanganan lebih efektif karena jumlahnya lain berlebih.

Demikian les adapun cara menanam singkong bakal diambil daunnya. Kuncinya ada di tanaman dengan jarak yang berdempetan dan beri pupuk dengan kadar unsur hara N dominan, maka akan menghasilkan tanaman singkong nan lebat daunnya. Selamat mencoba.

Source: https://taninews.com/tutorial/perbanyakan-ubi-kayu-atau-singkong-untuk-diambil-daunnya/

Posted by: holymayhem.com