Indek Keanekaragaman Arthropoda Pada Pertanaman Sayuran

Investigasi Keragaman ARTHROPODA PADA LAHAN Persawahan TUMPANGSARI Lakukan INVENTARISASI PREDATOR PENGENDALIAN HAYATI DI KECAMATAN BUMIAJI Daerah tingkat Alai-belai

Authors


  • Amania Amin


    Program Penekanan Biologi, FMIPA, Perserikatan Kewedanan Malang

  • Ibrohim


    Program Studi Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Malang

  • Hawa Tuarita


    Program Studi Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Malang

DOI:


https://doi.org/10.32734/jpt.v3i2.2968

Keywords:


Arthropoda, Predator, Variabilitas, Persil Pertanian Tumpangsari

Abstract

Perladangan tumpangsari merupakan contoh penghijauan dua atau makin tanaman yaitu tanaman semusim dan tanaman tahunan nan bertujuan boleh menindihkan populasi wereng. Salah satu mandu menekan populasi hama yaitu dengan menunggangi musuh alami nan sebagian besar berasal dari Arthropoda. Terkait dengan situasi tersebut dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengerti: (1) indeks kebinekaan, kemerataan, dan kekayaan Arthropoda pada lahan pertanian tumpangsari di Kecamatan Bumiaji Ii kabupaten Batu; (2) jenis Arthropoda yang berpotensi sebagai predator lega lahan pertanaman tumpangsari di Kecamatan Bumiaji Kota Batu; dan (3) ada tidaknya afiliasi kondisi faktor abiotik dengan jumlah keberagaman Arthropoda di Kecamatan Bumiaji Ii kabupaten Bujukan. Pengambilan Arthropoda dilakukan sreg tanah pertanian tumpangsari brokoli nyawa 4 minggu dan naik banding yang sedang berbunga dengan metode pitfall trap untuk pengambilan Arthropoda yang aktif di satah tanah dan jaring serangga cak bagi pengutipan Arthropoda nan aktif ditajuk tumbuhan. Penelitian dilakukan puas bulan Agustus hingga September 2013. Analisis yang digunakan dalam penelitiaan ini yakni menggunakan indeks heterogenitas, kemerataan, dan kekayaaan; sedangkan amatan korespondensi faktor abiotik dengan jumlah spesies menggunakan regresi linier berganda. Hasil pendalaman ditemukan diversifikasi Arthropoda nan teridentifikasi sebagai predator sebanyak 19 spesies, Nilai indikator kemajemukan sebesar 2,73 yang termasuk kerumahtanggaan kategori sedang; indeks kemerataan sebesar 0,82 nan mendekati nilai 1 nan berarti memiliki kemerataan yang merata dan kondisi stabil; dan indikator kekayaan sebesar 4,72, ada hubungan antara faktor abiotik dengan jumlah keberagaman Arthropoda predator merupakan sreg taraf signifikan R2 total sebesar 20,3% dan yang paling berpengaruh adalah suhu tanah dan kederasan angin. Perlu dilakukan uji makmal Arthropoda predator hama plong tanaman brokoli dan tanaman apel.

Downloads

Download data is not yet available.

How to Cite

Amin, A. ., Ibrohim, & Tuarita, H. (1). STUDI KEANEKARAGAMAN ARTHROPODA PADA LAHAN PERTANIAN TUMPANGSARI Lakukan INVENTARISASI Pemakan PENGENDALIAN HAYATI DI KECAMATAN BUMIAJI KOTA BATU.
Jurnal Pertanian Tropik
,
3(2), 139- 149. https://doi.org/10.32734/jpt.v3i2.2968


Source: https://talenta.usu.ac.id/jpt/article/view/2968

Posted by: holymayhem.com