Foto Produk Dengan Tanaman Hias

Berpunca Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Sebuah poster dengan anak uang atau perempuan anakan yang dihasilkan oleh dua belas tipe tanaman berbunga bersumber berbagai familia berbeda.

Anakan
atau
kembang
(alas kata serapan dari bahasa Jawa:
ꦏꦼꦩ꧀ꦧꦁ,

translit.



kêmbang

; bahasa Latin:

benang sutra
) adalah radas reproduksi seksual pada tumbuhan mulai sejak (divisio
Magnoliophyta
ataupun
Angiospermae, “tumbuhan berbiji terkatup”). Plong bunga terdapat organ reproduksi, ialah kenur ekstrak dan pentil.

Anakan dapat muncul secara distingtif maupun sinkron dalam satu perantaraan. Anak uang yang unjuk secara sambil disebut sebagai
bunga majemuk
atau
inflorescence. Plong sejumlah spesies, bunga majemuk dapat dianggap awam sebagai anak uang (istimewa), misalnya pada
Anthurium
dan bunga syamsu. Eceran bunga nan memformulasikan bunga majemuk disebut
floret.

Secara botani, anakan adalah bagian pohon cak bagi menghasilkan kredit. Pembuahan dan pembuahan berlangsung pada bunga. Sesudah pembuahan, bunga akan berkembang lebih lanjut membentuk buah. Pada tumbuhan berbunga, buah merupakan struktur nan membawa dan melindungi biji.

Fungsi

[sunting
|
sunting sumber]

Arti biologi bunga adalah organ seksual, sebagai wadah menyatunya spermatozoid (mikrospora) dan betina (makrospora) untuk menghasilkan biji. Bahwa bunga merupakan analog dengan organ seksual lega hewan hijau disadari secara ilmiah pada abad ke-17 di Eropa.

Beberapa bunga memiliki warna yang cerah berfungsi misal pemikat satwa ajudan pembuahan. Beberapa anak uang yang enggak menghasilkan panas maupun bebauan yang khas, juga berniat memikat hewan lakukan membantu penyerbukan.

Bunga lagi dapat dianggap sebagai organ untuk berkeras hati plong kondisi rendah menguntungkan bagi pertumbuhan. Sejumlah tumbuhan akan taajul membentuk anakan apabila mengalami kehilangan air atau suhu abnormal. Contohnya, nan paling dikenal yaitu bunga kertas
Bougainvillea. Bunga mengurangi metabolisme dan apabila tumbuhan mati, biji diharapkan telah terbentuk sebagai usaha sintasan (survival).

Hamba allah sejak lama terpikat makanya anak uang, khususnya yang berwarna-warni sehingga mempunyai arti kultural. Bunga menjadi salah satu penentu nilai suatu tumbuhan bagaikan pokok kayu hias.

Ilmu saraf

[sunting
|
sunting sendang]

Putaran-episode bunga sempurna. 1. Bunga cermin, 2. Kepala putik (stigma), 3. Gagang cangkul putik (stilus), 4. Nanyan sari (filament, bagian dari benang ekstrak), 5. Sumbu anak uang (axis), 6. artikulasi, 7. Gandar cangkul bunga (pedicel), 8.Kelenjar nektar, 9. Kenur pati (stamen), 10. Bakal buah (ovum), 11. Bakal biji (ovulum), 12. Abuk sari (pollen), 14. Kepala sari (anther), 15. Perhiasan bunga (periantheum), 16. Mahkota anak uang (corolla), 17. Pelupuk bunga (calyx).

Bunga yaitu patera dan mayit di sekitarnya yang termodifikasi. Modifikasi ini disebabkan oleh dihasilkannya sejumlah enzim yang dirangsang oleh bilang fitohormon tertentu. Pembentukan bunga dengan eklektik dikendalikan secara genetik dan puas banyak keberagaman diinduksi maka itu peralihan lingkungan tertentu, seperti suhu rendah, lama pencahayaan, dan kesiapan air (lihat bagian Bunga:Pembentukan bunga).

Bunga karib selalu berbentuk simetris, yang comar dapat digunakan sebagai penciri suatu takson. Ada dua bentuk bunga bersandar simetri bentuknya:
aktinomorf
(“berbentuk bintang”, simetri radial) dan
zigomorf
(simetri cermin). Bentuk aktinomorf lebih banyak dijumpai.

Bunga disebut
bunga hipotetis
bila memiliki alat kosen (makao sari) dan alat lebah ratulebah (putik) secara serampak privat satu organ. Anakan yang demikian disebut rente banci alias hermafrodit. Satu bunga dikatakan
anakan lengkap
apabila memiliki semua bagian utama bunga. Empat bagian terdahulu anak uang (berpokok luar ke privat) adalah sebagai berikut:

  • Kelopak bunga maupun
    calyx;
  • Mahkota bunga atau
    corolla
    yang biasanya tipis dan dapat berwarna-warna untuk mempersenangkan hati serangga yang membantu proses penyerbukan;
  • Alat kelamin jantan atau
    androecium
    (berpangkal bahasa Yunani
    andros oikia:
    apartemen maskulin) berupa benang sari;
  • Perkakas kelamin betina ataupun
    gynoecium
    (terbit bahasa Yunani
    gynaikos oikia: “rumah wanita”) nyata putik.

Organ reproduksi betina ialah daun buah maupun
carpellum
yang pada pangkalnya terletak bakal biji pelir (indung telur) dengan satu atau sejumlah cak bagi poin (ovulum, jamak
ovula) yang membawa gamet lebah ratulebah) di dalam kantung bakal manusia. Pada ujung putik terwalak kepala putik maupun
stigma
untuk memufakati serbuk bunga atau
pollen. Tangkai putik atau
stylus
berperan perumpamaan jalan buat pollen menuju lakukan pentil.

Walaupun demikian, struktur bunga yang dideskripsikan di atas dikatakan sebagai struktur [[tanaman nan “umum”, keberagaman tumbuhan menunjukkan modifikasi yang adv amat beraneka macam. Modifikasi ini digunakan botanis untuk mewujudkan hubungan antara tumbuhan yang satu dengan yang bukan. Ibarat contoh, dua subkelas semenjak tanaman berbunga dibedakan dari total organ bunganya: tanaman dikotil umumnya mempunyai 4 alias 5 organ (atau kelipatan 4 atau 5) sementara itu tumbuhan monokotil memiliki tiga instrumen atau kelipatannya.

Pembentukan dan kronologi bunga

[sunting
|
sunting sumber]

Lihat kata sandang penting: Teori Lambang bunyi pembentukan bunga

Terbentuknya bunga sejak lama menjadi perhatian orang, karena banyak skor ekonomi tumbuhan budidaya gelimbir pada pembentukan rente. Bunga tidak akan terbentuk sebelum jaringan ajang kamu akan muncul sudah sampai ke tahap kematangan (maturity) cuma belum terlalu tua (senile).

Pada pokok kayu berbentuk pohon, jaringan yang plonco terasuh atau masih berkembang (juvenile) akan habis berat membuat anakan. Jaringan yang menyentuh tahap kematangan sering kali ditandai dengan nisbah karbon-nitrogen (nisbah C-Cakrawala) yang tangga. Kas dapur karbon jenjang karena telah banyak metabolit tertimbun dalam rang polisakarida dalam jaringan tersebut. Pembentukan rente memerlukan energi yang besar.

Nisbah C-N yang janjang biasanya cukup sebagai pendorong terbentuknya bunga. Namun, banyak ditemukan keberagaman-jenis tanaman yang memerlukan pemicu agar anakan muncul. Pemicu ini dapat positif hawa minus selama beberapa waktu (vernalisasi), panjang (durasi) penyinaran (fotoperiodisme), dan kekurangan air (kesuntukan). Sorgum roti tipe
winter
(musim dingin, karena ditanam menjelang musim dingin) tidak akan berbunga jika lain mengalami musim dingin dalam tahap pertumbuhan dan perkembangannya. Anggrek merpati memunculkan bunga apabila mengalami malam yang dingin. Bermacam rupa kultivar yute berkepribadian fotoperiodik sehingga waktu tanam sangat vital dalam menentukan hasil penuaian. Tanaman manuskrip dikenal memerlukan periode cengkar sekitar dua wulan dan diikuti maka dari itu hujan angin ala kadarnya lakukan memicu terbentuknya bunga.

Kajian yang dilakukan pada
Arabidopsis thaliana, suatu tumbuhan model, menunjukkan bekerjanya Teori Abc kerumahtanggaan pembentukan bunga. Aset A diperlukan bagi membentuk daun pelupuk (sepal) dan daun mahkota (daun mahkota). Substansi B diperlukan intern pembentukan patera mahkota dan benang sari (stamen). Substansi C diperlukan buat terbentuknya benang sari dan daun buah (carpellum, sebagai pembuat putik).

Bentuk

[sunting
|
sunting mata air]

Wacana lanjutan

[sunting
|
sunting sumber]

  • Buchmann, Stephen (2016).
    The Reason for Flowers: Their History, Culture, Biology, and How They Change Our Lives. Scribner. ISBN 978-1476755533.



  • Esau, Katherine (1965).
    Plant Anatomy
    (edisi ke-2nd). New York: John Wiley & Sons. ISBN 978-0-471-24455-4.



  • Greyson, R.I. (1994).
    The Development of Flowers. Oxford University Press. ISBN 0-19-506688-X.



  • Leins, P. & Erbar, C. (2010).
    Flower and Fruit. Stuttgart: Schweizerbart Science Publishers. ISBN 978-3-510-65261-7.



  • Sattler, R. (1973).
    Organogenesis of Flowers. A Photographic Text-Atlas. University of Toronto Press. ISBN 0-8020-1864-5.



Pranala asing

[sunting
|
sunting sumber]


Kutipan tentang Flowers di Wikiquote

  • (Inggris)
    Native Plant Information Network
  • (Inggris)
    Israeli researchers bring scent back to our flowers [VIDEO]



Source: https://id.wikipedia.org/wiki/Bunga

Posted by: holymayhem.com