Cara Mengolah Batu Bata Merah Menjadi Media Tanam

JAKARTA, KOMPAS.com –
Bagi kamu nan memiliki minat dalam dunia berkebun, kamu harus paham bahwa media tanam menentukan pertumbuhan tumbuhan.

Sayangnya, banyak petambak yang masih terlalu fokus pada tata kaidah pemeliharaan pohon yang dimilikinya sehingga lupa ataupun mengabaikan media tanam yang diperlukan.

Baca juga: Isi Waktu Ngabuburit di Kondominium dengan Bersawah

Sedangkan, sumber gizi sebuah tumbuhan maupun pokok kayu semenjak dari petak maupun sarana tanamnya. Untuk itu, kamu terlazim tahu ciri-ciri media tanam yang baik dan memahami kaidah membuatnya.

Dilansir berusul kanal YouTube
Kebun Kumara, Senin (3/5/2021), berikut ini tiga langkah menciptakan menjadikan media tanam berbenda.

Baca kembali: Ini Bahan dan Cara Meracik Media Tanam lakukan Aglonema

1. Kenali Rupa-rupa Media Tanam

Suka-suka catur variasi media tanam yang mudah sekali bakal kamu dapat, yakni tanah liat maupun petak bangkang, sekam baru, sekam bakar, dan kokopit maupun sabut kelapa. Keempat sarana tanam tersebut punya karakteristik saban.

Misalnya, petak liat atau tanah ahmar itu lengket, makara mudah mengikat air juga atom hara. Sekam mentah alias jangat padi itu berporos sehingga memberikan sinus udara nan baik dan bagus dalam merintih air.

Baca juga: Apa Media Tanam Terbaik kerjakan Anggrek?

Sementara sekam bakar maupun sekam plonco nan diasap lebih nirmala dari sekam mentah, jadi lain akan ada padi yang tumbuh terlarang. Kandungan karbon sekam bakar juga bertambah tinggi, jadi lampau baik dalam mengikat anasir hara ataupun gizi dan air.

Terakhir, sabut kerambil maupun kokopit anda adalah sari cendawan alami dari kulit luar kelapa yang demap barangkali dijadikan substitusi untuk pekebun nan lain n kepunyaan tanah pekat atau tanah merah.

Baca juga: Kaidah Takhlik Cocopeat untuk Dijadikan Ki alat Tanam

2. Campur Wahana Tanam

Kamu pasti ingin media tanam yang berongga, berporos, dan endut-endut. Kamu dapat mencampur keempat jenis kendaraan tanam yang disebutkan sebelumnya. Rasio atau proporsi media tanam nan bisa digunakan adalah dua belet, satu sekam yunior, dan suatu sekam bakar.

Jika tidak n kepunyaan petak liat, bisa memperalat sabut kerambil. Hanya, takdirnya memiliki tanah liat dan sabut nyiur, bisa menggunakan keduanya. Bintang sartan, satu tanah liat dan satu sabut nyiur. Dengan begitu, teksturnya akan semakin berpunya.

Baca pula: Ini Bahan dan Cara Meracik Media Tanam bikin Aglonema

Untuk mencampur rasio tersebut, kamu dulu menyatukannya, yakni satu persil liat, satu sekam bau kencur, suatu sekam bakar, dan suatu sabut kelapa. Campurkan semuanya sampai merata.

Ketika keempat kendaraan tanam mutakadim terbaur dengan baik, kamu akan dapat menghasilkan tekstur yang berdebardebar, adalah seperti masih ada lengketnya, tapi mudah awut-awutan. Tekstur media tanam gembur lalu berbeda dengan tekstur tanah pekat yang dulu lengket dan akan membentuk bola ketika ditekan.

Baca pun: 7 Media Tanam Hidroponik yang Dapat Dicoba di Rumah

Sementara itu, tekstur media tanam gembur enggak akan membentuk bola ketika ditekan, semata-mata sedikit lengket dan bisa hancur. Kombinasi suatu kapling liat, satu sekam mentah, satu sekam bakar, dan satu sabut kelapa bisa mengikat unsur hara dan masih bisa mengikat air. Dengan semacam itu, dia sudah mempunyai tekstur media tanam nan berdebardebar dan berporos.

3. Tambahkan Serabut ataupun Kompos

Ancang terakhir, memastikan bahwa alat angkut tanam yang telah dibuat ditambahkan pupuk atau kompos bagi memberikan ki alat tanam molekul hara dan nutrisi yang dibutuhkan untuk tanaman.

Baca juga: Gunakan Sisik kerjakan Membasmi Wereng Kutu Putih plong Alat angkut Tanam

Kompos berfungsi menyuburkan media tanam yang sira gunakan. Jadi, kamu harus mencampur kompos dalam media tanam yang telah beliau buat.

Rasio komposnya minimal sepertiga dari volume media tanam atau maksimal setengah hendaknya unsur haranya tidak terlalu banyak. Perlu diingat, kebanyakan anasir hara sama buruknya dengan kekurangan zarah hara bagi tanaman.

Baca juga: Apa Benar Kompor Tanam Kian Baik? Ini Keunggulannya

Tanah daun atau pupuk sekali lagi akan berfungsi semakin meningkatkan kualitas serta tekstur ki alat tanam. Bintang sartan, tidak hanya memberi atom hara, semata-mata memperbaiki tekstur.

Ketika ki alat tanam dari satu tanah pekat, satu sekam mentah, suatu sekam bakar, dan suatu sabut kelapa, ditambah baja atau kompos, maka sarana tanam siap dipakai.

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
saban hari berusul Kompas.com. Mari berintegrasi di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://cakrawala.derita/kompascomupdate, kemudian join. Beliau harus install permintaan Kabel lebih lagi dulu di ponsel.

Source: https://www.kompas.com/homey/read/2021/05/03/172221776/3-langkah-mudah-membuat-media-tanam-yang-subur?page=all

Posted by: holymayhem.com