Cara Membuat Topi Dari Kain

Topi, seperti yang kita ketahui merupakan benda penghabisan kepala yang berharga untuk melindungi kepala dan rambut dari cuaca surya. Sejak masa lepas setakat masa ini topi menjadi keseleo suatu fashion nan menjadi tendensi di marcapada. Lihat sekadar kaum ningrat di negara-negara Eropa, tarbus yaitu asessoris yang mesti dipakai sebagai adendum penampakan. Di daerah Sultan Elizabeth misalnya,kulah-kulah  di negara ini majuh dikenakan kaum wanita di bermacam rupa acara baik stereotip maupun informal. Jadi topi bukan sahaja sekedar bagaikan intiha kepala namun juga bisa dikatakan andai gaya spirit dikalangan para pecinta tren.

Cara membuat topi dari kain

Membuat Topi Koteng

Berbicara akan halnya topi, pada postingan siapa ini saya akan membagikan tutorial cara mewujudkan topi tertinggal dengan cara yang mudah. Bahan untuk membuat topi ini adalah reja. Meskipun sebenarnya mangsa untuk mewujudkan topi enggak bersumber kain hanya. Topi yang pecah adv amat setakat sekarang masih banyak digunakan adalah ketopong bersumber bulan-bulanan kulit yang bentuknya pesek atau yang biasa dinamakan kuluk koboy. Saja nan umum bentuknya adalah yang dipakai anak sekolah ketika ritual.



Selain berbahan tiras dan kulit, tidak jarang kita menjumpai tarbus nan dibuat semenjak mangsa seperti bambu yang dianyam contohnya topi yang galibnya dipakai para orang tani dan penangkap ikan. Kopiah stambul jenis ini dikenal dengan nama tudung nggunung karena bentuknya mengerucut seperti mana gunung dan sangat lebar.

Oke deh sekarang kita lanjutkan pada pokok pembahasan cara membuat topi sederhana yaitu dari kain. Dan ternyata prinsip membuat topi sendiri itu tidak terlalu rumpil dan bahannya pun suka-suka di sekitar kita.

Bahan nan diperlukan bagi membuat kopiah turki ialah : kain, benang, pita dengan ukuran dempak 1,5cm.

Alat yang diperlukan : gunting, jarum, mesin jahit.
Langkah pertama adalah takhlik pola.

Pola bagian topi

Bentuk Pola topi dan potongan kain

Potong hipotetis seperti pada susuk di atas dengan dimensi lebar 10 cm , tataran abstrak 18 cm. Lebih lanjut cucuk kain mengikuti pola , potong sebanyak 6 .Beri jarak 1 cm kerjakan kampuh jengkal. Kemudian gabungkan keenam rajangan kain tadi dengan mandu dijahit. Kain bagian dalam atau sisi yang jelek berlanggar dengan  perca bagian kerumahtanggaan. Setelah itu dibalik. Untuk menyiasati agar sambungan tak terlihat, maka disini kita beri aplikasi pita untuk eksterior dan dalam. Caranya jahit silam pita untuk babak privat topi, lebih jauh jahit pita bakal bagian luar topi. Hendaknya mudah ketika menjahit dengan mesin, agar dijahit jelujur dulu. Rajah tutorial sepenuhnya ada di bawah ini.

Tutorial cara membuat topi kain

Setelah proses membuat topi bagian atas radu, seterusnya tetak kain dengan ukuran panjang 2 kali lingkar topi bagian atas dengan demes 12 cm. Lebih jauh kerjakan kerutan maupun wiru pada reja yang sudah lalu dipotong tadi, kemudian jahit kain nan sudah diwiru tadi pada topi bagian atas dan obras tepinya agar serat kain tidak awut-awutan dan rapi.

Langkah bontot berpangkal proses pembuatan topi adalah tisik kelim terpinggirkan topi dan menyisip pita untuk tali tarbus.

Demikianlah tutorial cara mudah membuat topi dari kain nan bisa saya bagikan. Seharusnya bermanfaat and Happy Crafting 🙂

Source: https://www.kreasiceria.com/2016/06/cara-mudah-membuat-topi-dari-kain.html