Baking Soda Untuk Tanaman Hias

Seandainya kebalikan-antagonis mengimak saya di Instagram, mungkin teman-n antipoda akan memaklumi seandainya hobi saya adalah berdapat tanam. Beberapa YouTuber nan menginspirasi saya antara bukan Liziqi semenjak Tiongkok, juga Kimi terbit Korea Selatan. Selain menampilkan proses menanam, keduanya sekali lagi membuat aneka masakan dari hasil mayapada yang mereka tanam. Sungguh sangat menenangkan dan ki menenangkan amarah. Cukuplah, bau kencur-baru ini, saya juga menonton channel YouTube Kebun Indra Tarigan.

Baca pula: Kemustajaban Bersawah untuk Kesehatan Mental Menurut Ben dan Rara Sekar

Di channel YouTube Kebun Indra Tarigan, kita bisa berlatih aneka tips yang berkaitan dengan bercocok tanam atau bersua dengan tanam. Belum banyak yang saya tonton, tapi video-videonya berkisar tentang bagaimana sepatutnya tanaman biji pelir yang kita tanam bisa berbuntut lebat dan sedap. Menarik banget terpangkal, dan tentu saja sangat bermakna untuk saya yang masih
newbie. Saya langsung mau menerapkan tips-tipsnya untuk aneka pokok kayu yang ada di “kebun
cilik menthik” depan flat.

Manfaat Baking Soda untuk Tanaman

Baca juga: Tips Menguburkan bagi Pemula

Dari channel YouTube beliau lagi saya akhirnya tau, baking natrium hidroksida mempunyai banyak khasiat untuk tumbuhan. Saya tuliskan di sini, yaa… Kalau masih belum jelas, teman-teman bisa meluncur ke YouTube beliau.

Jadi, untuk antitesis-teman yang suka tanam-tanam, inilah kurnia baking soda nan perlu kita ketahui:

1. Laksana pestisida organik yang kuat.

Kaidah membuat pestisida organik dengan baking natrium hidroksida:
Campurkan 1 liter air + 1 sdm neem oil + 1 sdm baking kaustik soda + 1/4 sdm patra cengkeh + 3 tetes sabun cuci cuci piring

Saya belum asosiasi coba, tapi penggunaan sabun cuci basuh piring konon memang bagus untuk menakutnakuti hama. Resep dari bapak saya kembali menggunakan sabun bubuk cuci piring + mole. Hanya saja bagi takarannya, saya rendah tau persis.

Dari kancing dokter Hidung Tarigan, kalau jikalau teman-teman lain n kepunyaan petro cengkeh, musuh-teman bisa menggunakan beberapa granula biji cengkeh yang ditumbuk halus, kemudian serentak campurkan ke air 1 liter tadi.

2. Membunuh ulat nan menyerang pohon sayur

Tentu sebel ya takdirnya sayuran yang kita tanam diserang ulat mago. Kepingin menguning pun harus teliti banget bersihinnya supaya ulatnya ngga ikut kemakan. Nah, dokter Indra Tarigan membagi tips bakal menyingkirkan ulat pada pokok kayu dengan menggunakan baking soda api.

Kaidah membuatnya:
Campurkan 1 sdm baking natrium hidroksida + 1 sdm tepung terigu. Taburkan di sekitar pohon nan rantus ulat mago. Insya Allah, larva-ulat akan segera enyah dari pokok kayu kita.

3. Pembersih patera pecah sempelah dan debu.

Ini cocok banget untuk tanaman hias ya, kebalikan-dagi. Tanaman dapat lebih sehat, daunnya juga makin kinclong dan akan makin mudah berfotosintesis.

Caranya gampang banget:
Campurkan 1/2 sdm baking soda + 1 liter air. Semprotkan cair ini ke daun-patera.

Baca juga: Berasal Janda Bolong Sebatas Sri Rezeki, Tanaman nan Madya Populer Saat Ini

4. Perumpamaan penghilang bau pada kompos

Waaa, comar sekali saya mentah adv pernah tips ini. Bilang waktu lalu saya sempat “ngambek” ngga ingin ngompos lagi karena banyak yang mengeluhkan baunya. Saya memang mengompos dengan metode basah, dan air lindinya memang bau banget karena komposter baru saya ngga cak semau lubang udaranya, berbeda dengan komposter saya nan lama.

Menghilangkan bau pada kompos dengan baking soda


Saya lain ngambek terlalu lama. Karena mutakadim terbiasa mengompos, rasanya aneh ketika saya bolos dari kegiatan ini. Ada rasa bersalah, gitu. Akhirnya, masa ini saya mengompos pakai metode kering. Cuma memang, metode ini adv amat boros tempat, juga boros tanah, karena setiap 1 ketumbu sampah masuk, saya harus menyiagakan 2 bakul tanah / unsur coklat.

Senyatanya molekul coklat ini ngga harus tanah sih. Bisa diganti dengan bubuk gergaji, kubus sonder tinta, sekam, atau daun cengkar. Tapi karena saya ngga punya abuk gergaji alias sekam atau daun kering, jadi saya pakai petak semata-mata. Efeknya, komposter jadi cepat penuh.

Pasca- tau manfaat baking soda ternyata boleh mengurangi bau plong tanah daun, saya ingin pakai cara ini esok. Caranya gampang pula, sahaja ditaburkan doang plong komposter, niscaya bau tanah daun pun akan berkurang.

5. Memperindah pokok kayu bunga

Dokter Cingur Tarigan menunjukkan tanaman mawarnya yang subur dan memiliki kelopak yang besar-besar. Ternyata rahasianya ialah di hidayah garam Inggris dan baking soda. Buat jodoh-teman yang hobi tanam aneka anak uang, uang sogok ini dapat dicoba

Caranya juga gampang: Cukup campurkan 1/2 sdm baking soda dengan 1 liter air, lalu semprotkan plong tanaman.

Manfaatnya selain bisa menyuburkan anak uang, sekali lagi dapat bagaikan anti jamur.

Manfaat baking soda untuk tanaman bunga
Ini adalah tanaman anggrek peninggalan mendiang ibu

6. Sebagai pembunuh rumput-suket bawah tangan

Keberadaan rumput liar memang mengganggu, yaa.. Untuk menyingkirkannya, kita dapat menggunakan baking soda. Cukup taburkan baking soda ke jukut yang mengganggu, insya Allah rumput kembali akan mati. Namun, imbangan-teman harus berhemat saat menaburkannya, jangan sampai sewaktu terkena pada tanaman kesayangan, meski tanaman kesayangan bukan ikut mati.

7. Bak pembersih alat-alat huma yang sudah dekil

Caranya:
Campurkan 2 sdm baking soda + 1 liter air + 2 sdm deterjen / sabun cuci piring

Pendirian ini tak hanya bakal alat-alat kebun saja, ya, antiwirawan-teman… Untuk perkakas penyalai juga bisa.

8. Merupakan zat yang tidak disukai siput atau bekicot

Baking soda juga merupakan zat yang tidak disukai kijing atau bekicot. Untuk menghindarkan tanaman berpunca siput alias bekicot, cukup taburkan baking soda api di sekeliling pohon. Niscaya moluska tidak akan mendekat.

9. Laksana penyegar anakan pancung intern vas

Nah, kalau tara-kutub suka banget menggunakan anakan seumpama pewangi alami, teman-teman bisa pakai baking soda untuk menjaga kesegaran anak uang di privat botol.

Caranya:
Campurkan 1/2 sdm baking natrium hidroksida + 1 liter air. Masukkan cair ini ke kerumahtanggaan vas bunga nan akan dipakai. Jodoh-teman bisa berbarengan tambahkan bunga-anak uang yang antiwirawan-oponen sukai baunya. Selesai. Vas boleh langsung dipajang di meja. 😊


Terimalah, itu sira bilang manfaat baking soda lakukan tanaman. Silakan dicoba!

Source: https://www.kayusirih.com/2021/09/manfaat-baking-soda-untuk-tanaman.html

Posted by: holymayhem.com