Adenium Adalah Tanaman Hias Dari Jenis

Berpangkal Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia adil

Kemboja jepang
Adenium obesum

Edit the value on Wikidata

Desert Rose (Adenium obesum), Ghana.jpg


Edit the value on Wikidata

Status pelestarian
Status iucn3.1 LC.svg
Risiko sedikit
IUCN 62541

Edit the value on Wikidata
Taksonomi
Divisi Tracheophyta
Subdivisi Spermatophytes
Klad Angiosperms
Klad mesangiosperms
Klad eudicots
Klad core eudicots
Klad asterids
Klad lamiids
Ordo Gentianales
Famili Apocynaceae
Subfamili Apocynoideae
Tribus Nerieae
Subtribus Neriinae
Genus Adenium
Jenis
Adenium obesum

Edit the value on Wikidata




Roem. dan Schult., 1819
Tata nama
Basionim Nerium obesum
(en)
Terjemahkan

Edit the value on Wikidata

Kemboja jepang
[1]
[a]


atau
adenium
(Adenium obesum) adalah spesies tumbuhan solek, batangnya osean, adegan bawahnya menyerupai umbi, batangnya tidak berkambium, akarnya bisa membesar menyerupai umbi, bentuk daunnya tahapan ada yang bulat panjang, runcing, kecil, dan osean, warna bunganya bermacam-macam.[1]

Bunga ini disebut juga dengan mawar padang batu halus (desert rose). Karena berasal mulai sejak daerah kering, pohon ini tumbuh lebih baik pada kondisi kendaraan yang kering dibanding plus basah. Disebut laksana adenium karena riuk satu ajang asal adenium adalah wilayah Aden (Ibu kota Yaman).

Mahajana Indonesia menyebutkan adenium seumpama kamboja jepang, mungkin dikaitkan dengan stereotipe yang beredar. Contohnya buah-buahan nan besar protokoler disebut bagaikan Bangkok, sedangkan tanaman nan boncel-kecil biasa disebut Jepang. Oleh karena itu, jika purbakala sudah lalu cak semau kamboja nan sosok tanamannya tinggi besar maka serupa itu suka-suka tumbuhan nan sosoknya kecil tapi mirip kamboja, disebutlah ibarat kamboja jepang.

Sebenarnya kamboja adalah varietas Plumeria, kerabat jauh dari Adenium. Bilang perbedaan antara Adenium dengan Plumeria ialah sebagai berikut.

  • Adenium berbatang besar dengan bagian bawah menyerupai umbi, namun sosok tanamannya sendiri kecil dengan daun boncel panjang. Akar susu adenium juga dapat membesar menyerupai pangkal pohon.
  • Plumeria berbatang boncel memanjang tanpa bentuk umbi, dengan basyar pohon nan besar dan dapat bertaruk tinggi, dengan rencana daun janjang dan segara.

Gambar

[sunting
|
sunting perigi]

Akar adenium yang membengkak seperti umbi adalah tempat menyimpan air sebagai tandon di ketika kesuntukan. Akar tunggang yang membesar ini bila dimunculkan di atas tanah akan membuat kesan unik sebagaimana bonsai. Sedangkan batangnya lunak tidak berkayu (disebut juga bak sukulen), hanya dapat menggelembung.

Tunas-recup samping dapat tumbuh terbit mata semi pada kunarpa atau jebolan patera nan ranggas. Mata recup samping tersebut akan berfungsi (tumbuh) apabila pucuk atas tanaman dipotong. Situasi inilah nan dilakukan orang pron bila memprunning maupun rujuk, bikin mendapatkan daun baru dan kiranya bunga yang akan muncul nantinya lebih sewaktu.

Daun adenium ada bermacam-macam, tulang beragangan lonjong, runcing, kecil dan besar, serta cak semau nan berbulu halus, ada pula yang minus bulu. Sedangkan anakan adenium berbentuk seperti terompet, berkelopak 5, dengan aneka polah corak sesuai dengan tipe (varietasnya) sendirisendiri. Saat ini sudah dikembangkan kelopak bunga yang berjenjang dan hasilnya sudah baik malar-malar kelopak bunganya ada yang menyerupai perpautan rente mawar.

Ada 2 kelompok adenium, merupakan kerumunan spesies (jenis sejati), maupun variasi (jenis hasil perkawinan dan persimpangan yang dilakukan manusia untuk berburu bentuk bau kencur).

Beberapa spesies bersih adenium yaitu:

  1. Adenium arabicum, cirinya bagan kutil sumir dan samudra, dengan banyak jenazah nan muncul berpangkal atas caplak tersebut. Bunganya bercat sintesis asli dan pink, boncel (penampang petal kurang dari 5 cm).
  2. Adenium obesum, cirinya bentuk bonggol besar dan nyana memanjang ke atas, satu kunarpa tumbuh di atas benjol, di atas layon muncul percabangan. Anakan bercat paduan merah dan putih, berasal besar (bertambah dari 5 cm).

Tipe-spesies spesies adenium lainnya yakni Adenium Socotranum, Adenium swazicum, Adenium somalense, Adenium bohemianum.

Penyerbukan

[sunting
|
sunting sumber]

Kamboja (Adenium).jpg

Penyerbukan pada pokok kayu ini mutakadim bisa dilakukan dengan bantuan cucu adam. Penyerbukan pada angin disebut dengan bunga anemophilous dan dengan bantuan serangga disebut entomophilous, dan dengan bantuan manusia adalah dengan mandu memindahkan rayon konsentrat ke putik bunga.

Untuk menghasilkan pembuahan yang fertil membutuhkan dua jenis tanaman yang berbeda genetiknya. Penyerbukan dikatakan berdampak apabila telah terjadi biji kemaluan yang membelenting berbentuk cula.

Hama dan Penyakit

[sunting
|
sunting sumber]

Pada saat pembungaan banyak hama dan penyakit yang hinggap di pokok kayu ini. Para penghobi pohon ini rela mengeluarkan dana lebih cak bagi menanggulangi antiwirawan pada adenium tersebut. Karena tanaman ini apabila tidak selekasnya dicegah maka akan segera mati. Sejumlah diversifikasi hama nan lazim menyerang adenium antara lain merupakan

  1. Aphid merupakan sejenis kutu berwarna kuning nan galibnya nyawa bergerombol dengan jumlah yang banyak. Hama ini menyerang pucuk perempuan muda dengan cara mengisap cairannya sehingga daun yang terserang akan merecup bukan sempurna dan mendatangi berombak. Wereng ini tersurat pada keramaian Arthropoda.
  2. Mealy Bug berbentuk seperti mana kutu bercelup polos dan memiliki tepung dan lapisan lilin begitu juga kapas puas tubuhnya. Hama ini ditemukan di katek daun, pucuk daun muda, dan batang tanaman. Akibat serangannya, pertumbuhan pucuk juga tak normal dan ketimbul bercak hitam di sekitar pucuk tanaman yang menyebabkan klorosis. Mealy Bug terdaftar pada gerombolan wereng Arthropoda.
  3. Cacing Tanah ini sering merusak akar tanaman sehingga mengakibatkan tanaman sulit menyerap unsur hara. Sebab, bagian vital tanaman dilumpuhkan oleh hama ini. Cacing banyak terletak di sarana nan gegares dipupuk dengan pupuk kandang. Wereng ini termasuk puas gerombolan Nematoda.
  4. Fungus Gnat merupakan hama yang menyerupai nyamuk malaria bercat hitam. Hama ini menyerang bunga lega tanaman adenium. Anak uang nan diserang ditandai dengan adanya bintik hitam di kutub bunga, yang mengakibatkan bunga akan busuk dan layu. Hama ini termasuk puas gerombolan Anthropoda.
  5. Root Mealy Bug bersembunyi di wahana tanaman lembek, bentuknya menyerupai kutu rambut nan berwarna putih. Hama ini menyerang pucuk pohon yang mengakibatkan pucuknya layu dan apabila dibongkar pun akan tertumbuk pandangan akar tanaman membusuk. Hama ini termuat kepada kelompok Arthropoda.
  6. Spider Mitos gambar hama ini seperti tungau dengan warna badannya yang bervariasi dari merah, pingai, hijau tua lontok, cokelat mulai dewasa,sampai hitam. Hama ini bersembunyi di bawah daun dan di ketiak daun. Galibnya patera yang diserang akan berwarna kusam dan terlihat mengkerut. Serangan wereng ini terjadi sreg tuarang dan hama ini tercantum pada gerombolan Artropoda.
  7. Semut sewaktu-waktu bisa berperan bak hama tanaman. Karena semut sering bersarang di radiks pot sehingga boleh merusak akar tunggang dan tunas muda tanaman. Yang lebih membahayakan semut bisa menjadi faktor kerjakan penyakit lain. Semut termasuk lega kelompok hama Arthopoda.
  8. Thrips berbentuk sama dengan kutu berwarna hitam dan bersirkulasi cepat. Hama ini menyerang bagian anak uang yang masih kuncup kesudahannya bunga gagal mengembang dan menjadi sangar. Thrips termasuk lega kelompok hama Arthropoda.

Dari keterangan di atas dapat kita ketahui bahwa hama yang minimal banyak menyerang tumbuhan adenium adalah wereng kelompok Anthopoda. Hama ini dulu berbahaya apabila bukan taajul diatasi karena dapat menyebabkan tanaman mati.

Sedangkan penyakit yang menyerang adenium yakni akibat tahun hujan datang. Seandainya tidak segera di atasi tanaman akan segera membusuk dan sulit cak bagi diobati, seperti busuk akar akibat penyiraman yang terlalu rajin dan banyak atau ketularan air hujan yang menggenang di dalam pot.

Layu pucuk yang disebabkan oleh sejenis kawul disebut Fusarium sp. Phomopsis sejenis cendawan nan mengecap patera hingga kemungkus, terutama n domestik masa pembungaan. Semua ini dapat terjadi puas waktu hujan atau kurangnya perlindungan. Selain akibat cuaca problem adenium juga disebabkan oleh bakteri, infeksi rabuk, dan virus. Pendirian mengatasinya adalah dengan memelihara kebersihan mileu dan perawatan yang baik.

Galeri

[sunting
|
sunting sumber]

Referensi

[sunting
|
sunting mata air]

  1. ^


    a




    b




    (Indonesia)
    Muslihat Bahasa Departemen Pendidikan Republik Indonesia
    “Arti pengenalan kemboja jepang pada Kamus Segara Bahasa Indonesia dalam jaringan”. Diakses copot
    2019-12-13
    .




Garitan kaki

[sunting
|
sunting sumber]


  1. ^

    cap kamboja jepang sendiri sebenarnya menyesatkan karena bisa diidentikkan dengan kemboja, yang banyak ditemui di areal pemakaman. Sedangkan embel-embel kata jepang seakan-akan anakan ini pecah dari Jepang

Pranala luar

[sunting
|
sunting sumber]

  • Adenium from Thailand
  • Hybrid Adenium and History of Adenium in Thailand Diarsipkan 2012-04-18 di Wayback Machine.
  • How to identify Thai Socotranum Diarsipkan 2010-04-10 di Wayback Machine.
  • Pictures of Adenium Flower ID from Thailand Diarsipkan 2010-04-08 di Wayback Machine.
  • Pictures of Adenium Obesum
  • Adenium discussion and pictures



Source: https://id.wikipedia.org/wiki/Kemboja_jepang

Posted by: holymayhem.com